Resensi Buku Dongeng Anak - Burung Hantu si Penolong

rifanfajrin.com - Resensi Buku Dongeng Anak
Burung Hantu si Penolong


Resensi oleh siswa kelas VI B:
  1. Nathania Abigail Destiny
  2. Naumy Maulidiya Amanda
  3. Ramadhan Arsyi A
  4. Salsabila Syifa Annisa

Burung Hantu si Penolong

 Judul Buku        : Tonton si Rusa Kecil dan Burung Hantu
Penulis               : Mujiana A. Kadir
Editor                 : Mujiana A. Kadir – Antonius Bowo Wasono
Penerbit             : Gradasi dan Tinta Institute
Tahun Terbit       : Cetakan Pertama 2005
Jumlah halaman  : 12 Halaman

"Tolong menolong antar sesama makhluk Tuhan yang mendapat kesulitan akan memberi kemudahan."

Di sebuah hutan kecil yang masih lebat, terdapat perkampungan rusa. Rusa-rusa itu masih beruntung karena masih bisa tinggal di hutan. Padahal banyak hutan yang telah gundul karena ditebangi. Di situ pula hiduplah sebuah keluarga rusa. Sang ayah bernama Tinton, ibu rusa bernama Tintin, dan anaknya yang bernama Tonton.

Suatu hari pada musim kemarau yang berkepanjangan, di hutan terjadi kekeringan juga. Rusa-rusa itu kemudian pergi mencari sumber mata air. Mereka pergi menuju sungai besar di utara. Sungai tersebut jaraknya cukup jauh, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa sampai ke sana.

Di sungai itu, mereka bisa melepaskan dahaga dan meminum air sepuasnya. Setelah meminum air, mereka segera kembali ke tempat tinggalnya di perkampungan rusa. Mereka berlari sekencang mungkin. Mereka tidak menyadari bahwa beberapa anak rusa tertinggal di belakang karena tidak bisa mengikuti kecepatan lari mereka.

Tonton, rusa yang paling kecil dan termuda, tertinggal jauh oleh rombongan rusa. Sementara langit mulai gelap.

Hari telah malam ketika rombongan rusa sampai di pinggir hutan perkampungan rusa. Ibu rusa, Tintin, merasa tidak menemukan Tonton. Ia pun merasa khawatir. Tonton masih tertinggal jauh. Tonton berlari sekencang mungkin, sekuat tenaga. Namun sayang, Tonton salah arah. Dia tersesat.

Seekor burung hantu yang terbang melihat Tonton yang kebingungan. Karena hari sudah gelap, Tonton tidak bisa melihat apa-apa. Burung hantu pun menghampirinya. Burung hantu berkata kepada Tonton bahwa dia salah arah, dan jika Tonton masih terus berlari, Tonton akan semakin tersesat dan bisa-bisa malah bertemu dengan harimau!

Burung hantu kemudian memberi saran kepada Tonton agar berjalan mengikutinya. Burung hantu akan memandu jalan Tonton dengan cara mengikuti arah suara burung hantu. Tonton pun mengikuti burung hantu.

Sementara itu, Tintin dan Tinton juga kebingunan mencari Tonton. Mereka pun berdoa. Akhirnya mereka mendengar suara burung hantu. 

Burung hantu memberi isyarat, ia berkata, "Nguk, nguk, nguk, apakah kau ibu rusa?"

Tintin menjawab, "Iya. Ada apa?" sambil berharap menemukan Tonton.

Burung hantu menjelaskan, "Tenanglah, Tonton sedang berjalan menuju kemari dengan mendengarkan suaraku," Burung hantu menghibur dan menenangkan Tintin.

Akhirnya Tonton bertemu dengan ibu dan ayahnya.

Untunglah ada burung hantu. Tonton masih penasaran kepada burung hantu, mengapa burung hantu bisa melihat, sementara Tonton tidak bisa melihat dalam gelap.

Ibunya menerangkan kepada Tonton bahwa burung hantu hanya dapat melihat pada malam hari. Pada siang hari, burung hantu akan beristirahat.

Malam itu, Tonton pun tidur dengan lelapnya di samping Ibunya.

***



Dengan membaca buku ini, kita bisa belajar apa arti tolong menolong. Cerita ini merupakan jenis fabel, karena disampaikan dengan tokoh-tokoh binatang, yaitu burung hantu yang memiliki watak suka menolong kepada siapa saja yang sedang dalam kesulitan, entah dia kenal atau tidak. Juga ada tokoh rusa kecil bernama Tonton.

Buku ini sangat tepat untuk dibaca oleh anak-anak karena bahasa yang digunakan sangat jelas dan bermakna. Selain itu, banyak ilmu dan pelajaran yang bisa didapat.

Selamat membaca.

Baca juga cerita yang lainnya:
  1. Batu Ajaib dan Pedagang Jujur - Kejujuran Membawa Kemujuran
  2. Narra dan Putri Amanda - Kisah Putri Buruk Rupa
  3. Kakek Tua dan Sebatang Akar - Kakek Tua yang Serakah
  4. Raja Petir - Ada Maksud di Balik Kebohongan
  5. Dua Pangeran Tampan - Kebenaran Akan Selalu Menang Melawan Kejahatan
  6. Versus Pangeran Anjing - Keberanian dan Kejujuran Membuat Kita Hidup Mulia
  7. Kura-Kura dan Kelinci - Kekalahan Si Sombong
Previous
Next Post »