Resensi Buku Dongeng Anak - Kisah Putri Buruk Rupa

rifanfajrin.com - Resensi Buku Dongeng Anak 
Kisah Putri Buruk Rupa


Resensi Buku oleh Kelompok 1 kelas VI B SD Labschool Unnes:
  1. Anargya Arsyi
  2. Evan William
  3. Farhan Afif
  4. Wijaya Adhi
  5. Zweta Bintang 

KISAH PUTRI BURUK RUPA

Judul Buku                    : Narra dan Putri Amanda
Penulis                           : Putri Anggit Hapsari
Desain dan Ilustrator     : Sukriyadi
Editor                            : Mujiana A Kadir dan Antonius Bowo Wasono
Tebal Buku                    : 16 Halaman
Penerbit                         : Gradasi dan Tinta Institute
Cetakan                         : Cetakan Pertama Tahun 2005

"Ketulusan dan keberanian untuk menolong sesama yang mengalami kesusahan akan mendapat imbalan yang setimpal."

Di sebuah kasti kuno, ada seorang putri buruk rupa bernama Amanda. Sebenarnya, Putri Amanda adalah seorang putri yang cantik. Tetapi setelah dia dikutuk oleh nenek sihir yang jahat, Putri Amanda menjadi buruk rupa.

Di luar, ada seorang gadis bernama Narra dan seekor kucingnya bernama Hitam. Mereka tinggal seorang diri di sebuah gubuk. Ketika sedang bermain, mereka melihat sebuah kastil yang pintunya terbuka. Narra dan hitam pun memasuki kastil itu.

Ketika Narra memasuki kastil itu, dilihatnya seorang putri yang buruk rupa. Narra berusaha berteman dengannya. Ternyata nama putri itu adalah Putri Amanda. Narra kemudian berteman baik dengan Putri Amanda. Mereka sering mengobrol. 

Suatu ketika di dalam obrolannya, Putri Amanda memberi tahu kepada Narra apa rahasianya agar dia bisa kembali cantik seperti semula, yaitu dengan syarat Putri Amanda harus memakan daging seorang gadis kecil yang tidak takut padanya. Mendengar cerita Putri Amanda, Narra bersedia membantu. Tetapi, air yang dia masak tumpah dan mengenai Putri Amanda. Singkat cerita, Putri Amanda kembali seperti semula.

***

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, tidak ada kata kasar maupun kata yang tidak sopan. Oleh sebab itulah, menurut kami buku ini sangat cocok untuk dibaca anak-anak usia SD khususnya, dan umumnya juga cocok dibaca oleh semua umur karena di dalam cerita ini mengandung pesan-pesan moral atau amanat yang baik.

Sayangnya, tokoh yang diperkenalkan kurang. Sebaiknya penulis juga membahas atau memperkenalkan saudara-saudara Putri Amanda yang hanya sedikit disinggung pada awal cerita di dalam buku ini. Oya, saudara-saudara Putri Amanda inilah yang meminta bantuan kepada nenek sihir untuk menjadikan Putri Amanda menjadi buruk rupa. Sebab, ternyata mereka iri dan dengki kepada Putri Amanda yang memiliki paras cantik dan dia menjadi pewaris kerajaan.

Adapun amanat dari cerita "Narra dan Putri Amanda" adalah kita harus dengan senang hati memberikan bantuan kepada seseorang yang membutuhkan, tidak dengan membedakan teman walaupun buruk rupa atau kekurangan sesuatu.


rifanfajrin.com

Previous
Next Post »