Resensi Buku Dongeng Anak - Keberanian dan Kejujuran Membuat Kita Hidup Mulia


Resensi buku oleh siswa-siswi kelas VI A SD Labschool Unnes yang beranggotakan:
1. Adelia Rahma Dhani
2. Rambu Raizza Kabunang
3. Shafa Sabriena
4. Donna Safira Widyatami

Keberanian dan Kejujuran Membuat Kita Hidup Mulia

Identitas Buku

Judul Buku            : Versus "Pangeran Anjing"
Penulis                   : Utami
Editor                    : Mujiana A Kadir dan Antonius Bowo Wasono
Desain/Ilustrasin   : Sukriyadi
Penerbit                 : Gradasi dan Tinta Institute
Tahun Terbit          : 2005


"Keberanian dan kejujuran membuat orang memperoleh kehidupan yang lebih mulia. Pangeran Versus dalam cerita ini sebagai contohnya."

Seratus tahun yang lalu di sebuah negeri yang makmur, hiduplah seorang raja yang adil. Raja tersebut memiliki seorang putra semata wayang bernama Versus. Versus sangat dimanja oleh orang tuanya. Apa saja keinginannya selalu dituruti. Oleh sebab itulah Versus tumbuh menjadi seorang pemuda yang bodoh.

Kondisi ini membuat raja dan permaisuri bersedih hati. Bagaimana pun Versus kelak akan menjadi penerus tahta kerajaannya. Raja pun meminta Paman Versus agar mencarikan seorang guru yang hebat untuk mendidik Versus.

Oleh pamannya, Versus dikirim ke seorang guru bernama Solom. Solom adalah seorang pelatih anjing di istana tetangga. Semua itu bertujuan agar Versus tetap menjadi bodoh selamanya, dan itu berarti tahta kerajaan tidak jatuh kepada Versus tetapi kepada Paman Versus.

Raja yang tidak mengatahui niat jahat Paman Versus, menyetujui Versus dididik oleh Solom. Yang dia tahu dari cerita paman Versus, bahwa Solom itu seorang yang luar biasa. 

Singkat kata, pergilah Versus ke tempat tinggal Solom. Di sana, Versus tidak diajari apa-apa oleh Solom. Akan tetapi, Versus sangat senang dan bahagia tinggal di sana, sebab dia bisa bermain-main sepanjang hari dengan anjing-anjing murid Solom yang lain.

Tak terasa sudah satu tahun lebih Versus tinggal bersama anjing-anjing Solom. Raja pun memanggil Versus untuk kembali ke istana. Raja berharap Versus telah ada kemajuan dan lebih pandai dari sebelumnya. Namun raja terkejut dan murka ketika dia bertanya kepada Versus apa yang telah dia pelajari di sana.

"APa yang sudah kamu pelajari di sana?"
Versus menjawab, "Aku sudah bisa menggonggong seperti anjing. Aku juga mengerti bahasa mereka. Aku bisa bercakap-cakap dengan mereka!"

Mendengar jawab Versus, raja murka sekaligus malu dan mengusir Versus keluar dari istana.

Versus pun mengembara. Suatu malam tibalah dia di sebuah puri yang besar dan indah seperti istananya. Versus mohon izin untuk bermalam.Pemilik puri mengizinkannya dengan syarat Versus bermalam di bawah menara yang sangat berbahaya. Setiap malam, menara itu selalu didatangi oleh dua ekor anjing liar yang ganas.

Betapa terkejutnya pemilik puri ketika pada pagi harinya dia mengetahui bahwa Versus selamat dari anjing ganas itu. Versus menjelaskan bahwa dia dapat berbicara dengan anjing. Dia juga menjelaskan bahwa dua anjing itu menjaga sebuah harta karun di suatu tempat.

Akhirnya si pemilik puri yang sebetulnya adalah seorang raja itu pun meminta Versus untuk mengambil harta karun tersebut, dan berhasil. Karena keberhasilannya Versus pun dinikahkan dengan putrinya: Putri Rudith.

Pernikahan Versus dengan Putri Rudith juga mengundang ayah Versus. Ayah Versus terkejut sekaligus bahagia melihat keadaan putranya. Dia pun meminta maaf kepada Versus. Adapun paman Versus akhirnya harus mendekam di penjara karena perbuatannya, Selain itu, juga karena dia korupsi menggelapkan pajak.




rifanfajrin.com

***

Baca juga cerita menarik lainnya sebagai berikut:



Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon