Resensi Buku Dongeng Anak - Ada Maksud di Balik Kebohongan

rifanfajrin.com - Resensi Buku Dongeng Anak
Ada Maksud di Balik Kebohongan


Resensi oleh siswa-siswi kelas VI A SD Labschool Unnes:
  1. Nisafira Puspa Ramadhani
  2. Alya Rizqina F.
  3. Auliya Naura A.
  4. Guido Amartyona P.
Ada Maksud di Balik Kebohongan


Identitas Buku

Judul Buku                 : Raja Petir
Penulis                        : Triana A. D. S.
Editor                         : Mujiana A. Kadir dan Antonius Bowo Wasono
Penerbit                      : Gradasi dan Tinta Institute
Artistik                       : Stefanus Y. A. Djoh
Desain dan Ilustrasi    : Sukriyadi
Tahun terbit                ; 2005

"Alam raya bisa memberikan pelajaran kepada kita semua. Karena itu, marilah kita belajar dari alam."

Suatu ketika ada sebuah rumah, di dalam rumah itu ada sepasan kakak adik yang bernama Lika dan Ilham. Lika meminta Ilham untuk tidur, namun Ilham menolaknya.

Sewaktu Lika kembali menyuruh Ilham untuk tidur, Ilham malahan bercerita kalau ada orang yang tersambar petir. Ilham pun bertanya kepada Lika, kenapa petir bisa menyambar orang?

Kemudian Lika bercerita kalau itu adalah ulah raja petir. Karena raja petir akan mengingatkan orang di bumi. Yang nakal akan tersambar petir. Mendengar cerita itu, Ilham menjadi takut Karena dia merasa bahwa dirinya nakal. Setelah itu dia pun tertidur dengan rasa ketakutan. 

Keesokan harinya, Ilham tidak sabar ingin segera menceritakan tentang kisah raja petir kepada teman-temannya.

Setelah sampai di sekolah, Ilham menemui teman-temannya. Lalu, Ilham menanyakan kepada teman-temannya, "Mengapa petir bisa terjadi?"

Semua temannya menjawab, "Tidak tahu."

Ilham pun menjawab pertanyaannya sendiri, bahwa petir terjadi karena adanya raja petir yang ingin memburu anak-anak yang nakal di muka bumi.

Kriing... Kriing...!!!

Bel tanda masuk sekolah berbunyi. Murid-murid masuk ke kelas masing-masing. Tak lama kemudian Pak Guru datang ke kelas Ilham. Setelah beberapa menit Pak Guru menanyakan kepada murid-murid, "Apa penyebab terjadinya petir?"

Lalu, teman-teman Ilham pun menjawab dengan keras dan yakin bahwa pasti jawabannya akan benar.

"Petir terjadi karena adanya raja petir yang ingin memburu anak-anak nakal!"

Ternyata jawaban mereka disalahkan oleh Pak Guru. Pak Guru bertanya, "Siapa yang memberi tahu kalian tentang raja petir?"

Murid-murid pun dengan kompak menjawab bahwa Ilham-lah yang bercerita tentang Raja Petir. Karena merasa bersalah, Ilham pun menjadi malu. Dari penjelasan gurunya, semua murid kemudian tahu bahwa petir terjadi karena adanya dua ion positif dan negatif, sehingga muncullah kilat yang seirng kita lihat di langit ketika hujan turun.

Sepulang dari sekolah, Ilham merasa telah dibohongi oleh kakaknya. Ilham pun marah begitu bertemu dengan kakaknya. Setelah selesai marahnya, kakaknya menjawab bahwa dia melakukan itu agar Ilham menjadi penurut.

***

rifanfajrin.com


Cerita ini memiliki dua tokoh utama yaitu Ilham dan Lika. Lika memiliki watak yang baik hati karena itu dia berusaha merubah sikap adiknya, Ilham. Sedangkan Ilham memiliki watak yang kurang baik, yaitu nakal dan suka membantah.

Tema cerita ini menurut kami adalah kejujuran, atau berbohong demi kebaikan. Lila berkata bohong tapi maksudnya baik, yaitu agar Ilham tidak menjadi anak yang nakal dan tidak suka membantah.

Adapun latar dari cerita ini adalah di rumah dan di sekolah. 

Menurut kami, kelebihan cerita ini adalah ceritanya kaya akan makna kebaikan dan juga mengandung pengetahuan, terutama tentang alam. Cerita ini menyampaikan pesan kepada kita bahwa alam raya bisa memberikan pelajaran kepada kita semua. Karena itu, marilah kita belajar dari alam.

Sekian dan terima kasih.


Baca juga resensi cerita-cerita dongeng menarik lainnya:



Previous
Next Post »