Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cerita Tak Muat Lagi Kelas 4 SD


Cerita Tak Muat Lagi Kelas 4 SD

Cerita Tak Muat Lagi ditulis oleh Dian Kristiani.

Cerita ini terdapat dalam buku siswa bahasa Indonesia kelas 4 bab 1 "Sudah Besar" yang diterbitkan oleh kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik Indonesia kurikulum merdeka 2022.

Tujuan pembelajaran pada bab ini adalah agar peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi oleh tokoh cerita; peserta didik mampu mengucapkan kata-kata yang panjang; peserta didik dapat membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif serta memahami bagaimana penggunaannya; dan peserta didik mampu mencari arti kata yang ada di dalam kamus dan membuat proyek kamus kelas 4.

Cerita Tak Muat Lagi

Cerita Tak Muat Lagi menceritakan tentang tokoh Lala dan adiknya yang bernama Kiki. Cerita diawali ketika Lala pulang sekolah dan menemui adiknya yaitu Kiki memakai baju polkadot favorit milik Lala.

Lala marah karena Kiki menggunakan baju favorit tersebut tanpa seizinnya.

Sementara itu Kiki mengatakan bahwa ibu sudah memberikan baju tersebut kepada dirinya karena Lala kakaknya sudah tidak pernah lagi memakai baju tersebut.

Lala tidak mau mendengar penjelasan dari Kiki dan meminta Kiki agar melepasnya.

Setelah Kiki melepas baju tersebut, Lala kemudian memakai baju tersebut.

Ternyata baju tersebut sudah tidak muat lagi di badannya karena badan Lala sudah bertambah besar. Bahkan baju polkadot favoritnya tersebut pun kemudian robek.

Kiki berusaha menghibur kakaknya dan mengatakan bahwa baju tersebut masih bisa dijahit oleh ibu.

Pada akhir cerita, Lala menyadari bahwa baju tersebut memang sudah tidak bisa lagi dia pakai, dan Lala pun senang karena baju tersebut masih bisa bermanfaat bagi adiknya yaitu Kiki.

Menjawab pertanyaan berdasarkan jawaban


Alternatif Jawaban

1. Lala merasa kesal karena Kiki, adiknya, memakai baju favoritnya yang sebenarnya sudah lama tidak dipakainya dan meminta agar Kiki melepasnya. Lala kemudian memakai baju tersebut dan ternyata sudah tidak muat, bahkan baju itu pun sobek. Lala pun akhirnya menyadari bahwa baju itu sekarang lebih pas dipakai oleh adiknya dan Lala pun merasa senang baju itu masih bermanfaat bagi Kiki.

2. Lala kesal kepada Kiki karena Kiki memakai baju polkadot warna biru favoritnya tanpa seizin Lala.

3. Lala mengetahui bahwa baju tersebut tidak muat lagi untuknya ketika dia mulai merasa sesak, gerah, dan bahkan baju tersebut kemudian sobek.

4. Lala merasa senang saat dia memberikan bajunya itu kepada Kiki, adiknya.

5. Ya, saya mempunyai adik. Saya akan merasa senang hati apabila barang yang sudah tidak pernah saya pakai itu diminta oleh adik, karena hal itu bermanfaat.

6. Apabila saya menjadi Kiki, saya akan merasa senang mempunyai kakak seperti Lala. Lala adalah kakak yang menyenangkan, baik hati, dan tidak pelit.

[]

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.