Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TUGAS LK 1 - Analisis Materi Bahan Ajar Bidang Studi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) PPG SD tahun 2021

 

TUGAS LK 1 - Analisis Materi Bahan Ajar Bidang Studi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) PPG SD tahun 2021

Judul Modul 4

Ilmu Pengetahuan Sosial

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.      Manusia, Tempat, dan Lingkungan

2.      Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya

3.      Perilaku Ekonomi, dan Kesejahteraan

4.      Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global.

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.      Nilai  sosial  bisa  diartikan  sebagai  segala  sesuatu  yang  dihargai manusia lain karena nilai sosial terbukti memiliki daya guna yang fungsional 7 bagi perkembangan hidup manusia. Nilai sosial itu bisa berupa manusia, benda, barang,  hewan,  sikap,  perbuatan,  perilaku,  cara  berfikir  dan  perasaan  serta pandangan-pandangan atau ide (R. Hermawan dan K. Rukandi, 2006).

2.      Menurut  istilah geografi  umum  yang  dimaksud  dengan  ruang  adalah  seluruh  permukaan bumi  yang merupakan  lapisan biosfera  tempat hidup  tumbuhan, binatang dan manusia.  Sedangkan menurut  istilah  geografi  regional  bahwa  ruang adalah suatu wilayah yang mempunyai batasan geografi yaitu batas menurut keadaan  fisik,  sosial  atau  pemerintahan  yang  terjadi  dari  sebagian permukaan  bumi  dan  lapisan  tanah  dibawahnya  serta  lapisan  udara  di atasnya.

3.      Dalam geografi terutama dalam membaca peta, konsep tempat ada dua yaitu tempat mutlak dan tempat relatif.

4.      Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti  tanah, air,  energi  surya, mineral  serta  flora  dan  fauna  yang  tumbuh  di  atas  tanah maupun di dalam lautan dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

5.      Bentuk  permukaan  bumi  tersebut terbentuk melalui  faktor eksogen dan  faktor endogen. Faktor endogen adalah faktor  pembentuk  permukaan  bumi  dari  dalam.  Sedangkan  faktor  eksogen adalah  faktor  pembentuk  kenampakan  bumi  dari  luar.

6.      Dalam proses pembentukan muka bumi,  tenaga endogen dibagi menjadi  tiga jenis yaitu tektonisme, vulkanisme dan seisme.

7.      Proses pembentukan muka bumi melalui tenaga eksogen: sedimentasi, dan erosi.

8.      Dinamika penduduk adalah data yang menampilkan statistika penduduk untuk memperoleh  hasil  perhitungan  persebaran  penduduk.

9.      Cara yang digunakan dalam dinamikan penduduk: kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), migrasi, pertumbuhan penduduk, dan kepadatan penduduk.

10.   Indikator kualitas penduduk: tingkat pendapatan penduduk per kapita, tingkat pendidikan, dan tingkat kesehatan.

11.  Konsep sejarah: sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah, dan sejarah sebagai ilmu.

12.  Empat metode sejarah: heuristik,  kritik  atau  verifikasi,  interpretasi  dan historiografi.

13.  Nilai sosial diartikan sebagai segala sesuatu yang dihargai masyarakat karena  nilai  sosial  terbukti  memiliki  daya  guna  yang  fungsional  bagi perkembangan hidup. Nilai sosial itu bisa berupa orang, benda, barang, hewan, sikap,  perbuatan,  perilaku,  cara  berfikir  dan  perasaan  serta  pandangan (Hermawan, R dan Rukandi, K, 2006).

14.  Teori kebudayaan  meliputi: (1) kebudayaan dapat dipelajari, (2)  kebudayaan  berasal  atau  bersumber  dari  segi  biologis,  lingkungan, psikologis  dan  komponen  sejarah  eksistensi  manusia,  (3)  kebudayaan mempuyai  struktur,  (4)  kebudayaan  dapat  dipecah-pecah  ke  dalam  berbagai aspek, (5) kebudayaan bersifat dinamis, (6) kebudayaan mempunyai variabel, dan (7) kebudayaan memperlihatkan keteraturan yang dapat dianalisis dengan metode  ilmiah,  serta  (8)  kebudayaan merupakan  alat  bagi  seseorang  untuk mengatur keadaan totalnya dan menambah arti bagi kesan kreatifnya.

15.  Melville  J. Herskovits dalam Soekanto  (2005) mengajukan 4 (empat)  unsur  pokok  kebudayaan,  yaitu:  (1)  alat-alat  teknologi;  (2)  sistem ekonomi; (3) keluarga; dan (4) kekuasaan politik.

16.  Menurut Koentjaraningrat dalam S. Belen (1991) kebudayaan di dunia mempunyai tujuh unsur yang universal, yaitu: (1) Bahasa; (2) Sistem  teknologi; (3) Sistem mata pencaharian; (4) Organisasi social; (5) Sistem pengetahuan; (6) Religi; dan (7) Kesenian.

17.  Motif ekonomi ada 2: motif ekonomi intrinsik, dan motif ekonomi ekstrinsik.

18.   Motif ekonomi: mendapatkan keuntungan, mencari sebuah kekuasaan dalam perekonomian, mendapatkan penghargaan dari pihak lain, dorongan untuk perbuatan sosial, memenuhi kebutuhan hidup dan mencari sebuah kesejahteraan.

19.  Produksi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk menghasilkan barang dan jasa. Dalam pengertian  yang  lebih  luas, produksi didefinisikan  sebagai  setiap perilaku yang ditujukan untuk menciptakan atau menambah “nilai guna” suatu barang dan  jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.

20.  Distribusi merupakan  suatu proses menyalurkan barang dan  jasa yang berasal dari  produsen  sampai  pada  konsumen.

21.  Konsumsi  adalah suatu  aktivitas  pemakaian  barang  dan  jasa  baik  secara langsung maupun  tidak  langsung  oleh  individu  atau  kolektif  individu  dalam memenuhi  kebutuhan  dasar  manusia.

22.  Menurut  Sudarman  (2011)  pasar memiliki  lima fungsi yaitu: (1) menetapkan nilai (sets value);  (2)  pasar  mengorganisasikan  produksi  yaitu  memecahkan masalah  bagaimana  cara  menghasilkan  barang;  (3)  pasar  mendistribusikan barang; (4) pasar berfungsi menyelenggarakan penjatahan; dan  (5) pasar mempertahankan dan menyediakan barang dan  jasa untuk yang akan datang.

23.  Teknologi adalah penerapan  ilmu  pengetahuan  untuk  tujuan  praktis.

24.  Pengaruh iptek dalam kehidupan manusia: bidang intelektual, bidang industri, bidang organisasi sosial dan budaya, dan bidang tata lingkungan.

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1.      Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya

2.      Perilaku Ekonomi, dan Kesejahteraan

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.      Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya

2.      Perilaku Ekonomi, dan Kesejahteraan