LK 3.4 Daftar Penyelesaian Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Ke-2 PPG Daljab SD Tahun 2021

LK 3.4 Daftar Penyelesaian Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Ke-2 PPG Daljab SD Tahun 2021

Tanggal                                                        : 15 Juli 2021

Tempat                                                        : SD Labschool Unnes

Bentuk                                                        : Daring/Luring

Waktu                                                          : 09.00 – 10.10 WIB

Guru                                                            : M. Rifan Fajrin

 


LK 3.4 Daftar Penyelesaian Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Ke-2

No.

Kasus yang Ditemukan *)

Faktor Penyebab

Alternatif Solusi/Tindakan

1.

Guru “terpental” keluar dari ruang pembelajaran, sedangkan pembelajaran melalui google meeting tetap berlangsung.

Siswa mengalami kekosongan aktivitas pembelajaran selama beberapa saat.

 

Koneksi internet yang tidak stabil

Guru harus mempersiapkan dan memastikan koneksi internet yang stabil. Guru bisa mengajar di sekolah dengan memanfaatkan fasilitas wifi sekolah yang lebih kuat dan stabil sinyalnya.

2.

Kegiatan pembelajaran seperti guru menjelaskan materi, tanya jawab dan diskusi siswa, atau presentasi yang dilakukan oleh siswa menjadi sedikit terganggu.

Guru juga harus berkali-kali mengingatkan siswa untuk menonaktifkan pelantangnya.

 

Ketika pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang belum mematikan pelantangnya. Sehingga, suara siswa dan suara-suara yang ada di sekitar siswa menjadi masuk dan terdengar di dalam ruang pembelajaran.

Guru harus membuat dan menyampaikan tata tertib bagi siswa ketika mengikuti pembelajaran secara daring. Antara lain siswa harus menonaktifkan pelantang ketika guru sedang menjelaskan materi atau ketika siswa lain sedang berbicara/menjawab pertanyaan, siswa harus menonaktifkan pelantangnya kembali setelah selesai berbicara. Siswa boleh mengaktifkan pelantang apabila diizinkan oleh guru.

 

3.

Guru kesulitan untuk menunjuk, memberikan apresiasi, maupun teguran kepada siswa. Guru beberapa kali keliru memanggil siswa dengan nama orang tuanya.

 

Guru belum mengenali siswa pada awal tahun ajaran baru 2021/2022. Tampilan nama siswa di dalam layar meeting pembelajaran juga tidak sedikit yang merupakan nama orang tuanya.

Guru harus sering berinteraksi dengan siswa di luar pembelajaran. Guru juga harus menghapal nama dan wajah siswa, serta lebih baik lagi jika juga mengenali nama orang tua siswa.

4.

Guru harus sedikit menjelaskan materi sebelumnya yang merupakan materi prasyarat untuk memahami materi yang diajarkan pada hari itu.

Materi ajar untuk pelaksanaan PPL ke-2 telah ditentukan dalam kegiatan perancangan pembelajaran sebelumnya oleh guru, yaitu materi pembelajaran tema 1 subtema 1 pembelajaran 5. Mestinya siswa memulai aktivitas belajar dari tema 1 subtema 1 pembelajaran 1.

 

Guru harus bisa menyampaikan materi kepada siswa seefektif mungkin.

5.

Pembimbingan untuk siswa belum merata. Guru belum dapat mengetahui gambaran kemampuan atau pemahaman seluruh siswa di dalam kelas.

Keterbatasan waktu dan tingkat keaktifan siswa yang berbeda-beda di dalam pembelajaran.

Guru bisa mengadakan uji kemampuan terhadap siswa di dalam kelas untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa. Di dalam pembelajaran, guru juga harus memberikan kesempatan kepada seluruh siswa secara lebih merata, tidak hanya kepada siswa yang aktif saja.

 

 

*) Data kasus berdasarkan Kasus/Permasalahan yang Timbul pada LK 3.3 Jurnal Mengajar Dan Kasus Pelaksanaan Praktik mengajar Ke-2


close