Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rencana Tindak Lanjut - Tugas PPG SD Tahun 2021

Rencana Tindak Lanjut




1. Apa rencana tindak lanjut yang akan Saudara lakukan setelah menyelesaikan kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran?


Seletah menyelesaikan kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran, saya akan memeriksa kembali dokumen-dokumen perangkat pembelajaran yang telah saya buat.

Saya akan memperbaiki beberapa kekurangan dan kesalahan yang ada di dalam dokumen rancangan pembelajaran tersebut.

Saya juga akan mengantisipasi kemungkinan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM/pembelajaran luring), sehingga saya akan menyesuaikan rancangan pembelajaran yang sebelumnya saya buat full daring menjadi pembelajaran luring.

Selanjutnya, saya akan memperlihatkan rancangan pembelajaran tersebut kepada Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum untuk meminta pendapat beliau terkait kesesuaian konten dengan karakteristik sekolah dan peserta didik di sekolah kami.

Segala masukan dalam rancangan pembelajaran terkait strategi pembelajaran, konten bahan ajar, penggunaan media, LKPD, dan lain-lain akan saya terapkan.

Selain kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum, saya juga akan mengonsultasikan rancangan pembelajaran ini kepada Kepala Sekolah sekaligus sebagai laporan kegiatan PPG.

2. Apa rencana tindak lanjut yang akan saudara lakukan terkait dengan jadwal pelaksanaan PPL di sekolah Saudara?


Rancana saya terkait jadwal pelaksanaan PPL di sekolah adalah berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum terkait kalender pendidikan. 

Kemudian saya juga akan mempersiapkan kelas dengan cara sebagai berikut:

  1. Segera membuat kelas virtual (google classroom)
  2. Serah terima whatsapp group kelas dari wali kelas sebelumnya (pada masa pandemi, daftar siswa  yang naik kelas tidak diacak kembali)
  3. Menggali informasi tentang karakter siswa di kelas baru ini
  4. Berkoordinasi, membuat kesepatakan, dan menyampaikan teknis pembelajaran kepada orang tua siswa.