Awas! - Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Bab 3 Lihat Sekitar halaman 53 - 56

 

Awas! - Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Bab 3 Lihat Sekitar halaman 53 - 56

Membaca Halaman 53 Cerita bergambar berjudul “Awas!”

Bacalah cerita di bawah ini bersama teman kalian!

Jelajah Kata Halaman 55

Pada bagian ini kita perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!”. Untuk memahami arti dari kata-kata yang disorot kuning tersebut, kita akan melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sesuai.

Kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!” adalah: sigap, helm, mengayuh, klakson, lampu lalu lintas, mengerem.

1.       Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan klakson sepeda motornya.

2.       Nelayan mendayung sampan, Rudi mengayuh sepeda.

3.       Ayo, bergeraklah dengan sigap, jangan bermalas-malasan!

4.       Rudi mengerem sepedanya supaya berhenti.

5.       Helm dipakai untuk melindungi kepala.

6.       Jika lampu lalu lintas menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.

Berdiskusi Halaman 56

Pada bagian ini kita akan mendiskusikan kembali cerita “Awas!” bersama teman dan juga guru. Kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sebagai bahan diskusi.

Ingat, berdiskusilah dengan baik! Sampaikan jawaban kalian setelah dipersilakan oleh guru!

1.       Di mana Rudi berada? Rudi berada di jalan raya di persimpangan lampu merah.

2.       Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi? Pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi karena Rudi menerobos lampu merah sehingga mereka hampir celaka dan bertabrakan.

3.       Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau? Rudi memutuskan untuk maju karena Rudi tidak sabar menunggu, tidak ada kendaraan lagi di sebelah kanan dan kiri, dan dilihatnya jalan di depannya pun kosong.

4.       Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi? Menurut saya, Rudi merasa terkejut, merasa bersalah, dan juga merasa takut.

5.       Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan? Jika saya menjadi Rudi, saya akan bersabar hingga lampu menyala hijau baru kemudian saya melaju lagi. Semua itu akan saya lakukan jika saya menjadi Rudi demi keselamatan saya dan juga keselamatan para pengguna jalan.

6.       Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah! Ya, saya pernah hampir celaka di persimpangan lampu merah. Hal itu terjadi karena lampu hijau menyalanya sangat sebentar, hanya sekitar 20 detik. Sementara itu lampu merah menyalanya cukup lama yaitu sampai 60 detik. Ketika saya melihat lampu hijau menyala tinggal 5 detik saja, maka saya memacu sepeda saya dengan lebih kencang, namun ternyata di depan ada sepeda motor yang menerobos maju. Saya hanya sedikit oleng namun syukurlah tidak sampai terjatuh.


close