Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SUMBER ENERGI YANG DAPAT DIMANFAATKAN SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK

 rifanfajrin.com - apa saja sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik

Hai teman teman, apa kabar semuanya? kali ini rifanfajrin akan membahas tentang sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. kita tahu, bahwa sumber energi tidak hanya didapatkan dari bahan bakar fosil semata, namun dapat dihasilkan dari berbagai sumber. Apa sajakah?

BACA JUGA:

Energi Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan energi panas yang dihasilakn dari dalam kerak Bumi. Temperatur panas yang terdapat pada kerak Bumi akan semakin panas, semakin dalam kerak bumi, maka semakin panas. 

Suhu yang terdapat pada kerak Bumi diperkirakan mencapai lebih dari 5.000 derajat celcius.

Energi panas Bumi bersumber dari pergerakan tektonik di dalam Bumi. Energi panas Bumi memiliki keuntungan yaitu murah dan ramah lingkungan.

Energi Tenaga Surya

Energi tenaga surya merupakan energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik berikutnya. energi surya didapatkan dengan memanfaatkan sinar dan panas mentari. Energi surya menggunakan teknologi seperti pemanas surya dan fotovoltaik surya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan jenis pembangkit listrik yang bekerja dengan prinsip mengubah energi surya menjadi energi listrik.

Pembangkit listrik tenaga surya dapat didilakukan dengan dua cara, secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung yaitu dengan pemusatan energi surya.

Energi Tenaga Angin

Energi tenaga angin merupakan sumber energi yang dapat pula dimanfaatkan oleh manusia sebagai penunjang aktivitasnya. Angin telah dimanfaatkan oleh masyarakat pada masa lampau selama ribuan tahun sebagai sumber tenaga.

Pada masa lampau, para pelaut menggunakan tenaga angin untuk membentangkan layar kapal supaya kapal mereka dapat bergerak. Belanda merupakan negara yang dikenal memanfaatkan potensi energi angin secara maksimal, sehingga negeri tersebut dijuluki sebagai Negeri Kincir Angin. Kincir di Belanda berguna untuk mendapatkan energi listrik.

Kincir angin umumnya dimanfaatkan dengan cara menghasilkan arus listrik melalui turbin angin. Berbagai negara modern misalnya Jerman dan Denmark menafaatkan turbin angin sebagai sumber listrik di negaranya.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga angin disebut Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLB). PLB telah dibangun di berbagai wilayah di Indonesia,, misalnya di Sidrab, Sulawesi Selatan.

Energi Tenaga Air

Air merupakan sumber energi yang banyak dimanfaatkan. Tenaga air merupakan energi yang dihaslkan dari air yang mengalir. Pada dasarnya, air di seluruh permukaan bumi selalu bergerak dari atas ke bawah (mengalir). Misalnya, air ombak yang disebabkan oleh angin yang berhembus kencang di permukaan laut. Tenaga air dapat dimanfaatkan dengan cara membendung aliran air sehingga menghasilkan energi. kemudian, Turbin yang terpasang pada bendungan terwsebut akan bekerja mengubah energi kinetik dari gerakan air menjadi energi mekanik yang bisa menggerakan generator listrik.

Energi listrik yang dihasilkan tersebut dari energi kinetik air disebut hydroelectric. Pembangkit listrik tenaga air juga merupakan sumber energi terbarukan.Pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas memanfaatkan air dari sungai, waduk atau air terjun saja, tetapi juga dari hempasan ombak di lautan.

akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, semoga bermanfaat ya teman teman.