Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA MENGGUNAKAN ENERGI DENGAN BAIK

Rifanfajrin.com - cara menggunakan energi dengan baik kelas 3 sd

cara menggunakan energi dengan baik

Hai teman-teman, apa kabar semuanya, semoga kalian selalu sehat sehingga dapat melakukan aktivitas dan belajar dengan baik ya.

Pada artikel kali ini, rifanfajrin akan mengulas tentang  bagaimana cara yang baik dalam menggunakan energi. Artikel ini sekaligus sebagai pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 17 dan 18, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Sumber Energi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang buatlah kalimat dari setiap kata tersebut contoh matahari adalah sumber energi terbesar di bumi. Sudah mengerjakannya kan?

Pada artikel sebelumnya telah diulas tentang bagaimana cara menghemat energi yang berupa BBM

Diskusikan Bagaimana Cara yang Baik dalam Menggunakan Energi

Siti dan teman-temannya telah menyusun kata dan membuat kalimat. Bapak Guru melanjutkan pelajaran. Bapaak guru memberikan penjelasan bahwa air termasuk sumber energi. Ketika diminum, maka air akan memberi energi pada tubuh. Tubuh manusia memerlukan air sampai 3 liter setiap hari. Tubuh kita akan menjadi lemah apabila kekurangan air. Sehingga kita harus memiliki persediaan air bersih yang cukup di rumah.

Tetapi tidak  semua tempat tersedia air bersih yang cukup. Di beberapa tempat, orang bahkan harus mengluarkan uang untk membeli air untuk keperluan sehari-hari. Oleh karenanya kita wajib menghemat penggunaan air di rumah. Matikan keran air sesudah selesai digunakan. Jangan boros menggunakan air dan menghambur-hamburkan air untuk keperluan yang tidak penting. Kalau minum air matang harus dihabiskan. Masih banyak lagi contoh kewajiban di rumah dalam menghemat energi.

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan bersama temanmu! Bagaimana cara yang baik dalam menggunakan energi!

Tuliskan hasilnya di bawah ini!

 contoh jawaban hasil diskusi :

Energi memiliki keterbatasan, ada energi yang tidak dapat diperbarui. Sedangkan kebutuhan akan energi meningkat secara terus menerus. hal ini memungkinkan terjadi kekurangan energi pada tahun tahun mendatang. Oleh sebab itu, kita perlu kita perlu melakukan penghematan energi supaya tidak terjadi kekurangan energi. Cara yang baik dalam menggunakan energi diantaranya sebagai berikut:

  1. Menggunakan energi seperlunya;
  2. Tidak membuang-buang/boros energi;
  3. Menjaga ketersediaan energi dengan baik.

Kerjakan soal-soal berikut ini di halaman 19 :

Ayo Mengamati!

Setelah berdiskusi, amatilah gambar di bawah ini! Tentukan manakah perilaku yang menunjukkan penghematan air! Berikan tanda centang (√) untuk gambar yang kamu anggap tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang kamu anggap tidak tepat!


Berikut ini perilaku yang menunjukkan kewajiban menghemat air di rumah dan di sekolah

Rumah :

  1. Mandi menggunakan air secukupnya
  2. Mematikan keran air ketika tidak digunakan atau ketika menginggalkan kamar mandi
  3. tidak terlalu sering mencuci kendaraan
  4. menggunakan air secukupnya untuk menyiram tanaman

Sekolah :

  1. Langsung menutup keran ketika selesai cuci tangan
  2. Ketika sedang mengisi air di ember, usahakan tidak sampai tumpah dan meluber
  3. Cegah penggunaan air berlebih saat mencuci peralatan laboratorium

Kegiatan Bersama Orang Tua : Orang tua bercerita tentang kebiasaan yang baik dalam memanfaatkan energi, membuat komitmen bersama untuk menerapkannya di rumah.

Demikian ulasan rifanfajrin tentang kunci jawaban tema 6 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 17 – 18 materi Bagimana Cara yang Baik dalam Menggunakan Energi. Semoga bermanfaat dan artikel ini bertujuan untuk memudahkan orang tua melakukan bimbingan ketika anak belajar di rumah.