Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENGHEMAT ENERGI YANG BERUPA BBM

 Rifanfajrin.com - cara menghemat energi yang berupa BBM

cara menghemat energi yang berupa bbm

Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan begitu banyak energi. Energi tidak dapat dilepaskan dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Energi bisa disebut juga sumber daya, di mana setiap hari kita mengkonsumsi sumber daya itu berupa listrik, air dan bahan bakar kendaraan. Energi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehingga penggunaannya harus sehemat mungkin jangan sampai melakukan pemborosan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa energi sumber daya yang yang tidak dapat diperbaharui, misalnya bahan bakar minyak. 

PENTINGNYA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM)

Bahan bakar minyak (BBM) merupakan  sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. BBM sangat menunjang aktivitas kehidupan manusia. Namun, BBM memiliki keterbatasan , yaitu tidak dapat diperbaharui. ketika ketersediaan pada perut bumi telah habis dan tidak dapat dieksplorasi lagi, maka manusia tidak lagi dapat menggunakan BBM. Ada waktunya nanti BBM akan habis,  dan tentu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat tersedia kembali, bahkan mungkin membutuhkan waktu ribuan bahkan jutaan tahun. Oleh sebab itu, Melakukan penghematan dalam penggunaannya merupakan langkah yang bijak. selain menghemat pengeluaran juga akan mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

CARA MENGHEMAT BBM

terdapat beberapa cara menghemat energi yang berupa BBM, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi konsumsi penggunaan BBM untuk kendaraan pribadi
  2. Mulai beralih menggunakan energi alternatif selain BBM
  3. Membiasakan diri untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor terutama ketika hendak berpergian dalam jarak dekat 
  4. Beralih menggunakan kendaraan transportasi umum
  5. Beralih menggunakan kendaraan yang tidak menggunakan BBM, misalnya mobil listrik
Mengurangi konsumsi BBM untuk kendaraan pribadi adalah langkah awal yang dapat dimulai dari diri sendiri. Selain itu, kendaraan bermotor saat ini, sudah banyak yang dilengkapi teknologi handling stop, artinya kendaraan akan otomatis mematikan mesin beberapa saat ketika kendaraan dalam kondisi berhenti demi melakukan penghematan BBM. Selain itu, kita juga dapat   memilih menggunakan  kendaraan yang tidak boros bahan bakar.  
Kita juga harus mulai membiasakan diri untuk tidak menggunakan sepeda motor, dan beralih menggunakan sepeda kayuh untuk menjangkau dan menempuh jarak dekat.Sebab, menggunakan motor dalam jarak dekat termasuk kategori pemborosan bahan bakar dan harus dikurangi, bahkan lebih baik berjalan kaki, selain akan lebih sehat juga akan menghemat bahan bakar. 
Pemerintah pusat maupun daerah telah akan menyediakan moda transportasi yang memadai, yang memungkinkan kita menggunakannya setiap hari. Tentu upaya pemerintah ini harus dimanfaatkan dengan baik karena sebagai upaya menghemat BBM dan menekan angka polusi udara. 

selain itu terdapat beberapa cara lain untuk menghemat energi yang berupa BBM jika kita terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, antara lain sebagai berikut:

Melakukan Servis Kendaraan Secara Berkala

Melakukan servis kendaraan secara rutin dapat menghemat BBM. dengan melakukan servis, maka saluran bahan bakar dan komponen dapat dipastikan dalam kondisi prima. Dengan melakukan servis rutin, tergantung manakah yang dicapai lebih dahulu, apakah kilometer 4000 atau 2-3 bulan, maka saat itulah servis wajib dilakukan. Dengan servis rutin dan dipastikan semua komponen dalam keadaan baik, maka hal tersebut membantu menghemat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angin pada ban harus dilakukan pengecekan secara rutin. Sebab, roda berfungsi menopang berat kendaraan ketika kendaraan digunakan. Proses inidisebut sebagai rolling resistance (tahanan gulir). Tekanan angin pada ban yang kurang, menyebabkan tahanan gulir membesar dan menyebakan pemborosan bahan bakar. Secara natural, tekanan angin ban akan berkurang 2 psi setiap bulannya . tidak peduli kendaraan digunakan atau tidak, dikarenakan  sifat kompon karet yang berpori. Oleh sebab itu, perika tekanan angin pada ban adalah salah satu langkah bijak dalam rangka melakukan penghematan BBM serta memastikan keselamatan dalam berkendara.

Efektif Menggunakan AC

AC barangkali tidak terlalu diperhatikan pengguna. Namun, AC justru penting dan memengaruhi performa kendaraan. Ketika menyala, mesin akan diambil oleh sistem AC menggerakan kompresor dan sistem yang terkait. Olehs sebab itu, disarankan untuk tidak menyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Matikan AC saat membutuhkan engine power, seperti saat jalan menanjak. Hal ini penting untuk membuat beban dari kompresor berkurang dan tentunya akan menghemat BBM.

Perhatikan Filter Udara

Filter udara yang kotor menyebabkan boros bahan bakar.  Filter yang sudah tersumbat debu dan kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk memfilter udara bersih. pastikan filter dibersihkan setiap 2.000-3.000 km, bahkan disarankan untuk mengganti filter jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Kurangi Beban Pada Kendaraan

Terlalu banyak beban pada kendaraan akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar. mobil akan menjadi lebih boros sekitar 1-2% untuk setiap beban seberat 50 kg.  mengisi bahan bakar setengah penuh juga dapat mengurangi beban mobil anda. Dengan membawa barang yang beratnya kurang lebih 100 kg, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3%.

AKHIR KATA

demikianlah artikel rifanfajrin tentang cara menghemat energi yang berupa BBM, semoga bermanfaat.