Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH ENERGI ALTERNATIF YANG RAMAH LINGKUNGAN TERBARUKAN

Rifanfajrin.com - CONTOH ENERGI ALTERNATIF YANG RAMAH LINGKUNGAN TERBARUKAN

hai teman-teman apa kabar semuanya semoga kalian dalam keadaan sehat wal afiat sehingga dapat melakukan aktivitas dengan lancar ya.

Pada artikel sebelumnya Rifan Fajrin telah mengulas tentang perlunya penggunaan energi alternatif untuk menggantikan energi fosil dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: MENGAPA PERLU ENERGI ALTERNATIF?

Sebagaimana kita ketahui bahwa energi merupakan kebutuhan dasar manusia. namun energi konvensional yang kita pakai sehari-hari lambat laun akan habis sehingga diperlukan energi alternatif yang terbarukan sekaligus ramah lingkungan.

Ciri-ciri sumber energi alternatif adalah sumber energi tersebut dapat diperbaharui terus-menerus dan tidak dapat habis. Berbeda dengan energi konvensional yang merusak lapisan bumi, energi alternatif sangat ramah lingkungan dan tidak banyak menimbulkan dampak buruk dan kerusakan lingkungan.

Energi alternatif dapat kita jumpai di sekitar kita misalnya cahaya matahari, angin, air dan lain-lain yang dapat diolah menjadi energi listrik demi kepentingan kehidupan umat manusia.

Berikut ulasan rifan Fajrin contoh-contoh energi alternatif terbarukan dan ramah lingkungan

1. Matahari

Sinar matahari yang menghasilkan panas merupakan contoh energi alternatif yang dapat digunakan. Matahari dapat menjadi sumber energi karena selalu tersedia dan tidak akan pernah habis dengan energi yang sangat besar. 

panel surya

Sinar matahari dapat diubah menjadi listrik melalui alat panel surya. Energi matahari juga berguna bagi makhluk hidup lainnya.

2. Panas bumi

Contoh sumber energi alternatif lainnya adalah panas bumi atau yang dikenal sebagai geothermal. Energi panas bumi banyak digunakan pada berbagai pembangkit listrik. energi geothermal adalah energi yang berasal dari dalam bumi dan muncul akibat aktivitas vulkanik gunung berapi. 

3. Angin

Selain panas bumi dan matahari, angin juga dapat menjadi solusi bagi permasalahan energi manusia. angin merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan sudah banyak dikembangkan di berbagai negara-negara maju di Eropa yaitu dengan mendirikan kincir angin sebagai pembangkit listrik nya.

energi angin


4. Gas alam

Gas alam juga merupakan salah satu energi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. kumpulan gas yang terkandung di dalam tanah dan memiliki campuran hidrokarbon dengan tekanan yang sangat tinggi itulah gas alam. Pemanfaatan gas alam misalnya adalah digunakan pada gas elpiji.

5. Air

Air juga dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan. yang berasal dari kekuatan air yang didapat dari aktivitas membendung aliran air sungai. dewasa ini sudah terdapat banyak pembangkit listrik tenaga air yang mengandalkan aliran sungai di bendungan atau turbin.

6. Biomassa

biomassa adalah energi alternatif yang menggunakan bahan bakar dari energi baru terbarukan berupa cangkang sawit, sekam padi, tongkol jagung, ampas tebu, serbuk kayu, dan limbah pertanian lainnya. Bahan-bahan tersebut didapatkan dengan harga cukup murah yaitu rp600 per kg. penggunaan biomassa diharapkan dapat menekan penggunaan bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan listrik yang masih dominan. salah satu keunggulan biomassa adalah dapat diperbarui dan tersedia secara terus-menerus dan berkesinambungan.

7. Biogas

Biogas didapatkan dari kotoran hewan yang diolah menjadi energi. di pedesaan telah banyak warga yang menggunakan energi  jenis ini karena pengolahannya yang mudah, serta tidak memerlukan biaya yang cukup mahal. Namun untuk mengolahnya menjadi sumber energi listrik memerlukan perlengkapan yang lebih rumit dibandingkan jika hanya digunakan sebagai pengganti gas saja.

Akhir kata

Demikian ulasan rifan Fajrin tentang contoh energi alternatif terbarukan dan ramah lingkungan. Semoga bermanfaat