Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MENGAPA PERLU ENERGI ALTERNATIF

 Rifanfajrin.com - mengapa perlu energi alternatif


PENGERTIAN ENERGI ALTERNATIF

Energi alternatif merupakan suatu istilah yang merujuk pada sumber energi untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Istilah alternatif merujuk pada teknologi yang digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai penghasil energi. Sebagaimana diketahui bahwa bahan bakar fosil memiliki keterbatasan maupun ketersediaan dan menimbulkan beberapa permasalahan bagi keberlangsungan bumi.  Oleh sebab itu energi alternatif didefinisikan sebagai energi yang yang bertujuan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam yang bersumber dari bahan bakar fosil dan menghentikan sumber daya alam perusak lingkungan.

Lantas mengapa perlu energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil?

Berikut merupakan ulasan Rifan Fajrin mengapa perlu energi alternatif.

1. ENERGI ALTERNATIF DAPAT MENGGANTIKAN ENERGI FOSIL 

Bahan bakar fosil merupakan bahan bakar yang yang berasal dari fosil makhluk hidup yang mati dan tertimbun jutaan tahun yang lalu di dalam tanah. Fosil yang terkubur membentuk lapisan lapisan di dalam tanah dan dan akhirnya menjadi batubara, minyak bumi atau gas alam yang kita gunakan sekarang. Bahan bakar fosil ini bisa dikatakan sebagai sumber energi yang tidak dapat diperbarui karena jumlahnya di bumi terbatas Dan suatu saat nanti akan habis. Energi alternatif dibutuhkan untuk menggantikan bahan bakar fosil tersebut ketika nanti habis.

Energi alternatif merupakan energi yang terbarukan dan tersedia secara terus-menerus misalnya sinar matahari, air, angin, panas bumi dan lain-lain.

2. ENERGI FOSIL MEMICU TERJADINYA PEMANASAN GLOBAL

energi alternatif kini menjadi tren dan diprediksi pada tahun-tahun mendatang akan terus dikembangkan dan menjadi sumber utama energi bagi kebutuhan umat manusia. Tanpa kita sadari penggunaan energi fosil telah menyebabkan berbagai kerusakan pada planet bumi. selain menyebabkan terjadi pemanasan global ternyata juga menyebabkan perubahan iklim yang mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Lapisan ozon menjadi semakin tipis, bahkan bahan bakar fosil mengeluarkan zat beracun yang menimbulkan efek rumah kaca sehingga bumi menjadi semakin panas. Hal ini berdampak pada mencairnya es di kutub, naiknya air laut dan berbagai dampak lainnya. Bahan bakar fosil diekstraksi dengan cara merusak hutan dan menggalakkan aktivitas pertambangan, padahal kita tahu bahwa hutan adalah paru-paru bumi yang memasok oksigen ke seluruh dunia. 

AKHIR KATA

Dikarenakan beberapa faktor di atas, oleh sebab itu penggunaan bahan bakar fosil atau energi yang tidak dapat diperbaharui harus segera dikurangi bahkan dihentikan dan menggantinya dengan energi alternatif yang ramah lingkungan.