Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

APA AKIBAT JIKA TIDAK ADA ENERGI ALTERNATIF

 Rifanfajrin.com - APA AKIBAT JIKA TIDAK ADA ENERGI ALTERNATIF

Assalamualaikum wr wb teman teman, pada artikel kali ini rifanfajrin akan membahas tentang apa akibat jika tidak ada energi alternatif. Pada post sebelumnya, sebenarnya rifanfajrin telah membahas banyak hal tentang energi alternatif, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengapa semua makhluk butuh energi?

Energi sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Energi diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh manusia, hewan dan tumbuhan. Tidak hanya makhluk hidup, benda benda juga memerlukan energi untuk dapat digunakan. Misalnya pesawat televisi, setrika, kulkas, kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor, serta alat alat pertanian, industri, dan transportasi lainnya yang membutuhkan energi. Semua benda benda tersebut membutuhkan bahan bakar berupa bbm. 
Namun, semakin lama digunakan, persediaan bbm di dalam perut bumi dikhawatirkan akan habis. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mencari energi alternatif melalui bacaan yang telah disajikan rifanfajrin di atas.
Pada artikel ini, kita coba untuk mengandaikan apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif.

1. Harga Energi terbarukan membumbung Tinggi

Jumlah energi seperti gas dan minyak bumi sangatlah terbatas, Sehingga dalam memanfaatkannya perlu bijaksana dan arif. Jangan sampai berperilaku boros dan membuang buang energi. Apabila energi semakin menipis, maka menyebabkan terjadinya kelangkaan barang tersebut. Akibatnya konsumen banyak yang berebut, sehingga akan menimbulkan harga yang tinggi.

2. Terjadinya perang / konflik antar negara

Setiap negara membutuhkan Sumber daya atau Energi untuk melakukan produksi, konsumsi, bahkan untuk bertahan hidup. Keberadaan BBM dalam perut bumi merupakan hal yang memungkinkan negara mereka bisa bertahan dan melakukan berbagai kegiatan. Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk menguasai kawasan yang memiliki cadangan minyak bumi yang tinggi.  Berbagai cara dilakukan untuk menguasainya, salah satunya adalah dengan melakukan konsiprasi, tuduhan bahwa suatu negara tersebut melakukan pelanggaran ham, sehingga menjadi pembenaran bagi mereka untuk memerangi negara tersebut, sekaligus menguasai minyak yang ada dalam perut bumi.
cara menghemat bbm


3.  Terhambatnya aktifitas Manusia

Ketika nanti terjadi kelangkaan energi alternatif, dan tidak adalagi energi yang dapat digunakan atau energi yang tersedia sangat terbatas, maka fasilitas tersebut hanya akan dimiliki dan dinikmati oleh orang orang kaya dan berduit. Aktivitas membeli BBM mungkin menjadi sangat langka karena kelangkaan BBm menyebabkan harga yang membumbung tinggi, sehingga hanya terjangkau oleh orang orang kaya saja. Rakyat biasa tak akan mampu membelinya.

4. Satu persatu manusia akan Punah

Krisis energi yang mengakibatan terjadinya peperangan dan invasi, menyebabkan nyawa manusia melayang sia sia. Dampak perang akan menimbulkan kerugian fisik seperti rusaknya bangunan dan infrastruktur, tetapi juga akan menyebabkan rakyat kelaparan dan sulit bertahan hidup. hal ini dikarenakan dampak penggunaan senjata otomatis dan nuklir dalam perang, serta tak tersedianya energi yang layak untuk dikonsumsi. Dalam tingkat yang parah, bisa saja menimbulkan punahnya manusia. Karena tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan sehari hari akibat krisis energi, Dampak yang lebih mengerikan adalah membuat satu persatu manusia yang tidak menerima energi tersebut tidak akan mampu bertahan hidup.

5. Makhluk hidup akan Punah.

Selain punahnya manusia, juga memungkinkan punahnya makhluk hidup selain manusia.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa akibat jika tidak ada energi alternatif, semoga bermanfaat ya teman-teman.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.