Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MENGAPA BRIKET DAPAT DIJADIKAN ENERGI ALTERNATIF?

Rifanfajrin.com - mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif
briket
Briket

Hai teman-teman apa kabar semuanya, pada artikel kali ini Rifanfajrin  akan membahas tentang alasan briket dapat dijadikan sebagai energi alternatif.

Mengapa kita perlu energi alternatif? Dan apa pula contoh energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan? Jawabannya sudah kami tulis pada artikel sebelumnya. Kalian bisa mengecek pada artikel berikut.

BACA JUGA:

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya energi adalah kebutuhan dasar bagi umat manusia. namun energi konvensional yang kita gunakan sehari-hari lama-kelamaan akan habis juga. Sehingga diperlukan energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan, salah satu yang dapat digunakan adalah briket. Mengapa? Nah pada ulasan kali ini kita akan mengetahui mengapa briket dapat dijadikan sebagai energi alternatif. 

Pengertian Briket

Briket adalah padatan bahan bakar yang dimanfaatkan untuk menyalakan kompor ketika kita memasak. Briket bisa saja terbuat dari padatan batubara, arang, serpihan kayu, gambut, atau dari sekam. 

Terdapat dua manfaat dari penggunaan briket sekaligus menjadi alasan mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif.

  • 1. Dapat menggantikan penggunaan energi yang menyebabkan kerusakan lingkungan
  • 2. Briket merupakan energi yang dapat diperbarui

Penjelasan

Briket sangat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif menggantikan bahan bakar lain yang sebelumnya tidak tergantikan tetapi berdampak buruk bagi lingkungan. penggunaan briket tentu akan lebih bermanfaat bagi lingkungan dibandingkan menggunakan kayu bakar. Penggunaan kayu bakar akan menyebabkan penggundulan hutan karena kayu bakar memerlukan banyak sekali pohon yang ditebang. penggunaan briket juga jauh lebih praktis dan lebih mudah digunakan dibandingkan kayu bakar, karena kayu bakar bahkan dapat menimbulkan asap tebal dan memakan banyak tempat dalam penyimpanannya. 

Selain itu penggunaan briket yang terbuat dari sekam sisa pertanian, serpihan kayu, gambut, dll, merupakan energi yang dapat diperbarui, dan apabila dilestarikan maka tidak akan habis. Hal ini tentu saja berbeda dengan penggunaan bahan bakar gas elpiji yang menggunakan minyak bumi. Minyak bumi sendiri merupakan energi yang tidak dapat diperbarui atau lama-kelamaan habis apabila digunakan.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif. semoga bermanfaat.