Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SYARAT AIR BERSIH UNTUK DIGUNAKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

rifanfajrin.com - Syarat Air Bersih untuk Digunakan dalam kehidupan Sehari-hari
syarat air bersih untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya, supaya tetap bisa belajar dengan baik selama pembelajaran jarak jauh berlangsung ya. Kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang  syarat air bersih untuk digunakan dalam kebutuhan sehari hari ya. materi ini diperuntukkan untuk kelas 5 SD, tema 8, subtema 3, yaitu tentang pentingnya ketersediaan air bersih.

Tentu tidak terbantahkan lagi bahwa semua makhluk hidup membutuhkan air. Manusia, tumbuhan dan hewan semua membutuhkan air. Bagi manusia, tentu air sangat bermanfaat bagi kebutuhan sehari hari. Tetapi tidak semua jenis air dapat digunakan untuk keperluan makan minum dan lain lain. Pasti ada ada syarat yang harus dipenuhi supaya air bersih dapat digunakan, ya.

Apa saja syarat air bersih itu? Mari kita bahas bersama untuk mengetahui kunci jawabannya, yuk!

Apa Saja Syarat Air Bersih?

Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan manusia dapat diukur dari indeks ketersediaan air bersih. Mengapa? karena air bersih sangat menentukan kesehatan manusia.  kita manusia  memerlukan air bersih untuk berbagai kebutuhan sehari hari, contohnya makan minum, memasak makanan, mencuci pakaian, mandi, menyiram tanaman, mencukupi kebutuhan minu ternak dan yang lain sebagainya. Air bersih yang kita gunakan umumnya bersumber dari air hujan, air dalam tanah /airtawar ya, teman-teman.

Ada beberapa syarat air bisa disebut air bersih sehingga layak digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Syarat air bersih dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba.

BACA JUGA:

1. Persyaratan Air Bersih secara Fisik

  • - Air tidak berwarna keruh
  • - Air tidak berwarna apa pun atau bening (tidak coklat atau hitam)
  • - Air tidak berasa apa pun (tidak mengandung zat apapun)
  • - Air tidak berbau menyengat
  • - Suhu air sekitar 10 - 25 derajat Celcius
  • - Air tidak meninggalkan endapan

2. Persyaratan Air Bersih secara Kimia

  • - Air tidak mengandung bahan kimiawi yang beracun
  • - Air tidak mengandung zat-zat kimiawi
  • - Air memiliki cukup yodium
  • - Air memiliki derajat keasaman (pH) antara 6,5 - 9,2

3. Persyaratan Air Bersih secara Mikrobiologi

Syarat air bersih secara kandungan mikrobiologi maksudnya bahwa air tersebut tidak mengandung kuman atau bakteri penyakit. Mikroba penyakit icontohnya misalnya bakteri penyebab kolera, bakteri penyebab tipus, dan bakteri penyebab disentri.

BACA JUGA:

Sumber Air Bersih

lalu bagaimana kita dapat mendapatkan air bersih? Air bersih bisa kita dapatkan dari sungai atau air tanah yang diperoleh dengan membuat sumur artesis. Kemudian, air dari sungai atau sumur diproses agar aman digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Atau jika tidak, kita bisa berlangganan ke penyedia air milik pemerintah misalnya PDAM. 

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang Soal Kelas 5 Tema 8 Subtema 3, tentang syarat air bersih yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari. tetap bijak memanfaatkan air, jangan boros dalam menggunakan air. Mengingat ketika musim kemarau, banyak saudara-saudara kita di daerah yang kesulitan air. semoga bermanfaat

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV, Edisi Revisi 2017