Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

APA GUNANYA AIR BAGI TUBUH

Rifanfajrin.com - apa gunanya air bagi tubuh
minum air putih

Tubuh membutuhkan air yang cukup supaya tidak menimbulkan permasalahan bagi kesehatan. Masalahnya tidak semua orang menyadari apa gunanya air bagi tubuh. masalah paling umum apabila kekurangan air putih akan menyebabkan dehidrasi. Selain itu bisa saja menimbulkan gangguan fungsi tubuh mengingat tubuh manusia sebenarnya secara terus-menerus mengeluarkan cairan melalui proses pernafasan, buang air kecil dan besar, serta ketika berkeringat melalui kulit. dengan demikian penting bagi kita untuk mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi cairan.
Berikut merupakan ulasan Rifan Fajrin tentang apa gunanya air bagi tubuh. 

1. Menjaga keseimbangan cairan pada tubuh

Prosentase air pada tubuh kita mencapai 60% di dalam tubuh. faktor inilah yang menyebabkan air sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai fungsi tubuh. Sebagai contoh air memiliki fungsi menjaga kelembaban mulut, hidung dan mata pada proses pembentukan air liur dan lendir. Darah yang terdapat pada tubuh kita merupakan cairan yang terdiri dari 90% air, fungsi darah adalah sebagai sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

2. Mengatur suhu tubuh

salah satu fungsi air yang utama adalah mengatur suhu tubuh terutama dalam kondisi panas. Sebagai contoh ketika kita berpuasa selama lebih dari 12 jam maka di dalam tubuh akan terasa panas dikarenakan tubuh sedang haus. Penyebabnya adalah dehidrasi akibat kondisi diluar tubuh yang panas. Pada saat kondisi demikian air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil.

3. Menjaga fungsi otak

Fungsi otak sangat dipengaruhi oleh hidrasi air. jika dehidrasi ringan saja dapat merusak beberapa aspek fungsi otak maka dehidrasi yang berkepanjangan akan menyebabkan masalah pada pemikiran maupun penalaran otak. Saat berolahraga kehilangan cairan 1,4% dapat mengganggu suasana hati maupun konsentrasi.

4. Mencegah dan mengobati sakit kepala

Titrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. Dengan mengkonsumsi air secara cukup akan mampu meringankan sakit kepala. Bahkan apabila minum 1,5 liter air lebih banyak akan menghasilkan peningkatan signifikan pada kualitas hidup.

5. Mempercantik kulit

Konsumsi cukup air sangat penting bagi kulit manusia. Dengan mengkonsumsi cukup air maka akan lebih resisten terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. sebaliknya dehidrasi akan menyebabkan kulit terlihat lebih kusut dan kering.

6. Menjaga fungsi usus

Mengkonsumsi air yang cukup juga akan menjamin fungsi saluran pencernaan tetap normal. Seseorang yang yang rutin mengkonsumsi air secara cukup akan terhindar dari sembelit. Oleh sebab itu mengkonsumsi cukup cairanmerupakan cara ampuh untuk mengatasi konstipasi.

7. Mencegah batu ginjal

Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh manusia. ginjal akan terganggu apabila tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan kinerja ginjal menjadi lebih berat.

8. Melarutkan zat gizi

Air berperan penting dalam melarutkan zat gizi dan mendistribusikan ke berbagai bagian tubuh. Sebagaimana di singgung di atas bahwa darahterdiri dari 90% air yang mana fungsi darah adalah mendistribusikan zat gizi keseluruh tubuh.

9. Membawa oksigen ke jaringan tubuh

selain menyalurkan zat gizi, darah juga menyalurkan oksigen dan zat besi ke jaringan tubuh. Transfer oksigen akan mengalami hambatan apabila kekurangan cairan. Seseorang yang kekurangan cairan atau dehidrasi biasanya sering mengalami pusing-pusing dan sakit kepala karena kekurangan oksigen

10. Membuang sisa metabolisme

Di dalam tubuh terdapat satu proses biokimia yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat, protein dan lemak. Tanpa air tubuh akan kesulitan mencerna atau memetabolisme zat-zat tersebut sehingga metabolisme tubuh akan terganggu.

Akhir kata

Fungsi air bagi tubuh sangat penting. Sebab itu pastikan selalu memenuhi kebutuhan harian cairan pada tubuh.