Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TIPS UNTUK MENGHEMAT AIR BERSIH

Rifanfajrin.com - apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih

TIPS untuk menghemat air bersih

Permasalahan air bersih menjadi satu tantangan tersendiri bagi masa mendatang. Hal ini dikarenakan menurut penelitian hanya tersisa 2% saja air di dunia yang layak untuk dikonsumsi makhluk hidup baik manusia hewan maupun tumbuhan. Sisanya adalah air yang telah tercemar karena berbagai sebab diantaranya karena polusi air.

Sumber air yang tersedia semakin terbatas dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan kebutuhan industri akan air. jika tidak dikelola dengan baik maka akan terjadi suatu bencana mengerikan terkait dengan air yaitu kekeringan melanda umat manusia yang akan diperparah dengan iklim yang terus meningkat sehingga semakin menekan ketersediaan air bersih di dunia.

BACA JUGA: MENGAPA BANYAK DAERAH YANG KEKURANGAN AIR BERSIH?

Oleh sebab itu langkah penghematan air harus dilakukan dimulai dari lingkup yang terkecil yaitu pada diri sendiri di lingkungan rumah tangga.

Berikut merupakan beberapa langkah sederhana untuk melakukan penghematan air:

TIPS HEMAT AIR BERSIH DI RUMAH

1. GUNAKAN SHOWER UNTUK MANDI

Mandi menggunakan gayung disebut-sebut sebagai faktor utama pemborosan air. hal ini dikarenakan ketika mandi menggunakan gayung dapat menghabiskan sekitar 15 liter air per orang sekali mandi. Oleh sebab itu akan lebih bijak apabila tiap-tiap rumah memasang dan menggunakan shower untuk mandi. Langkah ini diklaim bisa melakukan penghematan lebih dari 60% dibandingkan menggunakan gayung.

2. MATIKAN KERAN KETIKA MENCUCI TANGAN DAN MENGGOSOK GIGI

Mencuci tangan dan menggosok gigi kadang secara tidak sadar kita lupa untuk menutup keran ketika melakukan 2 hal tersebut. Meskipun ini sepele tetapi penelitian menunjukkan banyak orang yang lupa atau secara tidak sadar terus membuka keran sembari gosok gigi. akan lebih bijak apabila kita membatasi penggunaan air ketika menggosok gigi yaitu dengan mengganti penggunaan gayung menjadi menggunakan gelas. langkah ini dinilai dapat melakukan penghematan 11 liter air per hari.

3. MENGURANGI SIRAMAN PADA KLOSET

Langkah ini dilakukan dengan meminimalkan siraman pada toilet duduk, tidak perlu berlebihan dalam menggunakan apalagi sampai memencet tombol siram secara berlebihan. Apabila memang sudah bersih dan bau sudah hilang tidak perlu menyiram lagi. Akan lebih baik apabila dibarengi dengan membersihkan menggunakan sikat toilet sebelum menyiramnya.

4. BIJAKSANA KETIKA MENCUCI PAKAIAN

Ketika mencuci pakaian menggunakan mesin cuci kita harus menyesuaikan banyaknya baju dengan level air yang digunakan. Ketika mencuci baju dengan jumlah yang sedikit, tentu tidak perlu mencatat level air ukuran XL. Cucilah baju ketika pakaian sudah cukup banyak menumpuk, jangan sedikit-sedikit mencuci menggunakan mesin cuci. Langkah ini dapat menghemat sekitar 11.000 hingga 35.000 liter air.

5. MENYIRAM TANAMAN KETIKA PAGI ATAU SORE HARI

menyiram tanaman agar lebih baik dilakukan ketika pagi dan sore ketika udara dalam keadaan sejuk. Sebaliknya menyiram tanaman pada siang hari akan menyebabkan air menguap sebelum diserap oleh tanaman, selain itu juga menyebabkan tanaman menjadi layu. Bagi yang memiliki hobi menanam tanaman disarankan untuk menanamnya di musim hujan karena tumbuhan membutuhkan lebih banyak air untuk berkembang. Dengan adanya hujan yang turun kita tidak perlu menyiram nya lagi.

AKHIR KATA

Demikian ulasan Rifan Fajrin tentang beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih. Semoga bermanfaat