Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MENGAPA BANYAK DAERAH YANG KEKURANGAN AIR BERSIH?

 Rifanfajrin.com - mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih

solusi permasalahan air bersih

Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup. tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air. 

air bersih mutlak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. misalnya dalam tubuh kita, kita membutuhkan pelarut untuk membantu fungsi organ tubuh seperti ginjal. Sayangnya, tidak semua air layak untuk dikonsumsi. akibatnya, permasalahan air bersih menjadi permasalahan serius beberapa tahun ke depan. bahkan, meskipun di musim penghujan sekalipun, tidak menjamin ketersediaan air bersih. 

Mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih? 

Pertanyaan tersebut muncul dalam buku tematik SD kurikulum 2013 halaman 23 tema 6 kelas 3 yang bersumber pada subtema 1. yaitu sumber energi

Adapun jawabannya adalah sebagai berikut:

Banyak daerah yang mengalami kekurangan air bersih disebabkan karena faktor-faktor berikut, misalnya adalah polusi air, populasi tinggi, penggunaan air yang berlebihan ataupun karena pertanian

BACA JUGA: TIPS UNTUK MENGHEMAT AIR BERSIH

PEMBAHASAN

Berikut ini pembahasan rifan fajrin tentang penyebab daerah kekurangan air bersih dan bagaimana langkah mengatasi permasalah air bersih tersebut.

1. Polusi Air

Faktor utama  krisis air bersih adalah tercemarnya air bersih, yaitu polusi air. Polusi air terjadi karena air bersih tercemar oleh limbah, misalnya limbah pabrik, limbah industri, rumah tangga, tercemar pestisida dan pupuk yang hanyut dari pertanian,   kotoran manusia yang dibuang ke sungai tanpa melalui proses pengolahan di instalasi pengolahan air.

Selain faktor di atas, ada pula sebab lainnya, misalnya tumpahan minyak di tanah, kebocoran air limbah dari tempat pembuangan sampah yang berakibat adanya rembesan polusi air ke dalam tanah sehingga mencemari air bersih.

2. Boros Air

Faktor kedua penyebab daerah kekurangan air bersih adalah, karena perilaku manusia yang boros air. Penggunaan air yang berlebihan baik kepentingan individu, kelompok, pariwisata, atau faktor lainnya. Air bersih kadang begitu mudah terbuang dikarenakan perilaku manusia yang buruk.  

3. Pertanian

Kegiatan pertanian juga BISA SAJA menjadi penyebab kekurangan air bersih, sekalipun faktor ini kecil terjadi. Kegiatan pertanian bisa menjadi penyebab kekurangan air bersih JIKA metode pertanian yang digunakan tidak efisien, atau misalnya terjadi kebocoran irigasi, sehingga air bersih justru tidak mengairi sawah, melainkan meluber ke luar area persawahan. Apalagi, pertanian mayoritas menggunakan air tawar sebagai sarana irigasinya. Selain itu, dalam penggunaan pestisida serta pupuk yang ada di sungai harus dibersihkan.

4. Populasi manusia yang terus meningkat

Meningkatnya populasi manusia dikarenakan laju pertumbuhan penduduk menyebabkan permintaan akan ketersediaan air bersih terus meningkat tajam. Akibatnya sumber sumber air bersih terkadang justru tidak dikelola dengan baik, bahkan terkadang menjadi sengketa. akibatnya masyarakat harus membayar mahal untuk mendapatkan air bersih. Padahal daya beli masyarakat terbatas. kebutuhan pokok masyarkat bukan hanya air bersih saja.  

5. Jarak

Faktor lain penyebab krisis air bersih adalah negara atau daerah-daerah yang tidak dekat dengan tempat yang memiliki air, misalnya secara topografis, daerah tersebut adalah daerah gurun, atau daerah terpencil. tentu sangat kesulitan mendapatkan air bersih.

6. Kekeringan

Kekeringan terjadi pada suatu daerah yang tidak mendapatkan curah hujan yang cukup. akibatnya daerah tersebut dilanda kekeringan.  Di Indonesia, bahkan ada daerah tertentu yang setiap tahunnya selalu mengalami kekeringan.  

SOLUSI UNTUK MENGATASI PERMASALAH AIR BERSIH

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan air bersih diantaranya adalah  :

1. Hentikan Buang Sampah Sembarangan

Membuang sampah sembarangan terutama di aliran air, menyebabkan terjadinya polusi air. Oleh sebab itu, mulailah untuk menghentikan membuah sampah sembarangan dan membuang limbah domestik seperti detergen pada sumber air. Langkah ini efektif sebagai langkah awal melakukan penghematan air bersih.
 

2. Membuat Daerah Resapan Air

Membuat daerah resapan air merupakan langkah yang terbukti meningkatkan debit cadangan air tanah di suatu daerah. Langkah ini dinilai mampu membantu menjaga dan melestarikan air bersih, sebab  dengan menyediakan tempat atau daerah khusus resapan air maka ketika musim kemarau tiba, masih terdapat cadangan air bersih di dalam tanah.

Daerah-daerah yang bisa digunakan untuk membuat daerah resapan air diantaranya adalah   kebun-kebun yang ditanami pepohonan. Pohon berfungsi sebagai penyaring alam terbaik untuk menjaga kelestarian air bersih.

3. Membuat Biopori

Lubang biopori berfungsi untuk membuat ruang  untuk membuang sampah organik yang ada di rumah, selain itu biopori merupakan solusi yang cukup membantu mengatasi banjir.  

4. Membuat Rainwater Harvesting (Pemanenan Air Hujan)

Rainwater harvesting adalah pemanen air hujan, dapat dikategorikan sebagai metode konservasi air yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam rumah tangga.

Secara ekologis,  van salah satu manfaat dari pemanen hujan adalah ada masyarakat akan mendapatkan air jernih yang lebih berkualitas.

5. Menggalakan Gerakan Menanam Pohon

Gerakan menanam pohon merupakan langkah edukatif untuk turut berperan aktif mendukung program pelestarian lingkungan terutama sumber daya air bersih. Sosialisasi dapat dilakukan melalui jejaring media sosial diantaranya facebook, twitter, instagram, blog, dan website.

6. Menggalakan Gerakan Hemat Air

Boros dalam menggunakan air bersih adalah faktor penyebab krisis air bersih. Oleh sebab itu, kita harus menggalakkan gerakan hemat air, dimulai dari rumah tangga kita. 

7. Konservasi lahan

Konservasi lahan berfungsi untuk mencegah erosi tanah. 
Biasanya ada perubahan secara kimiawi atau biologi yang diakibatkan dari penggunaan yang berlebih, pengasaman atau terkontaminasi.

8. Pelestarian Hutan dan Daerah Aliran Sungai

Saat ini banyak Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tercemar dikarenakan aktivitas pabrik, pemukiman warga, dll yang langsung membuangnya ke DAS sebagai tempat pembuangan sampah. akibatnya ailar sungai menyempit, sehingga ketika hujan tiba menyebabkan luapan air sungai. Dampak selanjutnya adalah terjadi krisis air bersih. 

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang penyebab daerah kekurangan air bersih dan solusinya. semoga bermanfaat.