[Contoh Laporan Pengamatan] Laporan Pengamatan di Perpustakaan SD Labschool Unnes

rifanfajrin.com - [Contoh Laporan Pengamatan] 

Laporan Pengamatan di Perpustakaan SD Labschool Unnes



Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari apa itu laporan pengamatan, definisi laporan pengamatan dan langkah-langkah membuat atau menulis laporan pengamatan.

Berikut ini akan kami sajikan contoh laporan pengamatan di lingkungan sekolah, yaitu Laporan Pengamatan di Perpustakaan SD Labschool Unnes yang disusun oleh siswi kelas 5A dan 5B SD Labschool Unnes.


Laporan Pengamatan Perpustakaan 
Sekolah Dasar Labschool Unnes Semarang

Objek yang diamati           : Ruang Perpustakaan SD Labschool Unnes
Waktu Pengamatan           : Rabu, 1 Maret 2017
Pengamat                            :

1. Nindi Suciayu Nugroho
2. Diani Elysa
3. Rayhan Firdausi
4. Nafisa Althaf
5. Nasywa Alina
6. Azalia Clarasyifa
7. Noor Aisha Laksmi
8. Zhafira 

Pada hari Rabu, 1 Maret 2017, kami mengamati ruang perpustakaan SD Labschool Unnes dari setiap sudut ruangan tersebut. Ruang perpustakaan terletak di antara ruang guru SD Labschool Unnes dan ruang kepala sekolah.

Kami melakukan pengamatan dari mulai depan perpustakaan. Di sana terdapat pintu berwarna coklat yang berbentuk persegi panjang yang memiliki kaca. Ruang ini memiliki jendela besar yang ada di depannya. Pertama-tama, di tembok sebelah kiri setelah pintu, ada replika burung garuda, foto Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Muhammad Jusuf Kalla. Kedua foto tersebut dipigura. Begitu juga dengan tata tertib perpustakaan.

Di sana juga terdapat peta Jawa Tengah yang sangat besar. terdapat juga meja berwarna pink dan biru yang berjumlah enam buah. Di tengah ruangan, ada gerobak dorong yang berfungsi untuk mengangkut beberapa buku perpustakaan. Di sekolah kami, gerobak itu disebut GEDEBUK (Gerobak Dorong Buku). Perpustakaan ini memiliki dua buah meja dan kursi untuk guru atau petugas perpustakaan. Tak ketinggalan, perpustakaan memiliki buku kunjungan, buku daftar peminjaman buku, dan buku inventaris.

Di Perpustakaan SD Labschool Unnes terdapat foto figura beberapa pahlawan Indonesia, dan ada foto wayang jawa. Sayangnya, di meja sebelah kanan, buku-bukunya kurang tertata dengan rapi. Itu mungkin dikarenakan perpustakaan belum memiliki petugas yang tetap. Jadwal piket pengurus perpustakaan tepat di tembok depan pintu. Di sana juga terdapat berbagai jenis buku, mulai dari buku-buku cerita hingga buku-buku pelajaran dan pengetahuan umum.

Yang paling enaknya lagi, terdapat AC (Air Conditioner) untuk mendinginkan ruangan, karpet juga ada di sana untuk tempat siswa membaca, sekaligus belajar. Biasanya guru juga berada di sana untuk memberikan materi dan mengajar siswa. Banyak rak buku di sana yang berfungsi untuk menyimpan banyaknya buku.

Sekian pengamatan dari kami. Semoga Anda puas dengan pengamatan kami. Terima kasih.

rifanfajrin.com
Nindi, Elys, dan Uina

rifanfajrin.com
Nafisa, Alina, Syifa, Ava, dan Zhafira


Baca Juga Laporan Pengamatan yang lain berikut ini:


Previous
Next Post »