[Contoh Laporan Pengamatan] Laporan Pengamatan Laboratorium IPA SD Labschool Unnes

rifanfajrin.com - [Contoh Laporan Pengamatan] 

Laporan Pengamatan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam SD LABSCHOOL UNNES



Hal itu sudah kita pelajari pada kiriman/post sebelumnya.

Pada post kali ini, kami akan menyajikan satu lagi contoh laporan pengamatan pada objek pengamatan yang ada di lingkungan sekolah, yaitu Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (siswa-siswi lebih sering menyebutnya sebagai "Lab. IPA").

Laporan pengamatan ini disusun oleh siswa-siswi kelas 5A dan 5B SD Labschool Unnes.

Selamat membaca.

Laporan Pengamatan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam
SD LABSCHOOL UNNES Semarang

Objek Pengamatan                         : Laboratorium IPA
Waktu dan Tanggal Pengamatan    : Rabu, 1 Maret 2017, pukul 10.00
Tujuan Pengamatan                       : Mengamati bagian-bagian Lab. IPA
Nama Pengamat:

1. Keisha Ratih Kirana
2. Nabila Putri Nariswari
3. Efra Alya Rosyada
4. Raffi Merchurrio
5. Talenta Heksa Kumara
6. Naufal Syuja Abytha Hasan
7. Indrajati Tirta Aji
8. Pande Gde Bramastha Narendra Kusuma

Pada hari Rabu, tanggal 1 Maret 2017, pada pukul 10.00 kami melakukan pengamatan di Lab. IPA SD Labschool Unnes. Ruang Lab. IPA terletak di sebelah timur lantai dua. Ruang ini berada persis di sebelah Lab. Komputer SD Labschool Unnes.

Pintu Lab. IPA terbuat dari kayu triplek tebal dengan cat warna coklat. Ruang Lab. IPA cukup luas dengan banyak perabotan di dalamnya. Di dalam ruangan terdapat dua meja guru yang masing-masing dilengkapi dengan kursi berwarna biru. 

Juga terdapat papan tulis/white board yang cukup besar. Untuk menulis di papan tulis itu menggunakan spidol boardmarker. Di atas papan tulis, terdapat pengatur suhu ruangan atau AC (Air Conditioner). Meskipun ada AC, ruangan ini juga dilengkapi dengan dua kipas angin yang cukup besar. Hal ini karena kadang-kadang AC rusak dan memerlukan servis perbaikan.

Ruangan ini tertutup tirai jendela berwarna hijau. Terdapat enam buah lampu yang cukup besar sehingga ruangan ini tidak gelap meskipun tertutup tirai. Ruang Lab. IPA tinggi plafonnya kira-kira 3,5 meter. Adapun luasnya kira-kira 11,2 x 6,8 meter, cukup luas untuk diisi dengan banyak perabotan.

Di sana terdapat globe atau tiruan bumi serta miniatur yang menggambarkan sistem tata surya. Juga ada manequin untuk mengetahui anatomi tubuh manusia. Selain itu, juga ada rangka manusia yang terlihat seperti tulang asli manusia. Ruangan ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar atau lukisan makhluk hidup, baik flora maupun fauna. Misalnya, gambar organ dalam tubuh ayam, buaya, dan bayi.

Di sudut ruangan terdapat lemari yang berisi gelas-gelas atau tabung praktikum. Ada juga mikroskop, kaca pembesar, magnet, baterai untuk praktikum rangkaian listrik, dan lain-lain. Kiranya cukup lengkap untuk mengadakan berbagai percobaan sains.

Untuk pembelajaran, ruangan ini juga dilengkapi dengan kursi dan meja yang tertata rapi secara berkelompok. Banyaknya kursi kira-kira bisa untuk pembelajaran sejumlah 30 orang siswa. Biasanya ruang ini digunakan saat kegiatan belajar pada pelajaran IPA dan Olimpiade Sains.

Adapun pengawas ruangan ini adalah Ibu Sri Wahyuningsih dan Bapak Kurnia Widi Haryono. Mereka adalah guru mata pelajaran IPA, pengampu kelas Olimpiade Sains, sekaligus Wali Kelas 5A dan Kelas 5B.

Kami sangat senang belajar di sana.

Sekian laporan pengamatan dari kelompok kami. Mohon maaf bila ada kekurangan.
Terima kasih.

rifanfajrin.com
Opay, Talenta, Indra, dan Bram


rifanfajrin.com
Efra, Nabila, Raffi, dan Keke

Baca juga laporan pengamatan yang lainnya di sekolah kami, sebagai berikut:

1. Laporan Pengamatan Perpustakaan SD Labschool Unnes
2. Laporan Pengamatan Kantin SD Labschool Unnes
3. Laporan Pengamatan Ruang UKS SD Labschool Unnes
4. Laporan Pengamatan Ruang Seni Budaya dan Keterampilan SD Labschool Unnes


Previous
Next Post »