Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ATURAN BERMAIN PETAK UMPET

Rifanfajrin.com - Aturan Bermain Petak Umpet Kelas 1 SD

Hai teman-teman kelas 1 sd, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan aktivitas dengan baik ya. 

Setiap pulang dari sekolah, apakah kalian gemar bermain dengan teman sepulang sekolah? Tentunya ada banyak permainan yang dapat dimainkan bersama teman-teman ya. Ada permainan tarik tambang, kelereng, lompat tali, egrang, engklek, bola sepak, hingga petak umpet.

aturan bermain petak umpet


BACA JUGA:

Pada artikel kali ini, rifanfajrin akan mengulas tentang aturan bermain petak umpet untuk anak kelas 1 SD ya. Pernahkah kalian memainkan permainan petak umpet ini?

Pengertian Permainan petak umpet

Petak umpet bisa dikatakan permainan yang cukup digemari dan sering dimainkan anak anak. Sebab permainan ini tidak membutuhkan alat khusus, melainkan hanya perlu ruang/tempat permainan saja secara fleksibel. Mengapa? karena permainan ini dapat dimainkan di mana saja, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. bisa di tempat yang luas atau sempit. Kita hanya perlu menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi. Tak heran permainan ini sangat digemari sejak masa lampau dan sampai saat ini masih sering dimainkan, terlebih pemainan ini tentunya sudah ada sejak zaman orang tua kita kecil.

Petak umpet adalah permainan cari dan sembunyi, dapat dimainkan oleh minimal 2 orang yang umumnya dilakukan di luar ruangan.

Permainan petak umpet sangat mudah untuk dimainkan, hal ini dikarenakan aturan permainan yang sangat sederhana. Lalu, bagaimanakah aturan permainan umpet? Mari kita ulas secara tuntas. 

Aturan Permainan Petak Umpet

Berikut aturan permainan petak umpet yang lazim dimainkan:

1. Melakukan undian 

Undian dilakukan bisa menggunakan hompimpa atau undian lain. Bertujuan untuk menentukan satu orang yang harus berjaga di pos. 

2. Yang kalah undian harus berjaga sekaligus mencari teman

Aturan permainan petak umpet selanjutnya, seseorang yang kalah dalam undian, harus rela berperan menjadi pencari teman-temannya yang bersembunyi sambil menutup mata. Mulanya ia harus menututp mata dan menghitung sampai jumlah tertentu untuk memberikan kesempatan teman lainnya untuk bersembunyi. Ia yang kalah undian tersebut harus menunggu teman-temannya bersembunyi.

3. Mulai mencari tempat sembunyi

Setelah proses menghitung selesai, penjaga pos boleh membuka mata, lalu mulai mencari tempat persembunyian teman-temannya.

Ketika menemukan persembunyian temannya, pencari harus meneriakkan nama teman itu lalu lari ke benteng untuk menepuk benteng sambil berkata "Pel!".

Jika ada yang mendahului pencari untuk menepuk benteng dan berteriak "Pel!", artinya dia menang dan pencari kalah.

Nah, jika yang dicari tidak berahasil menepuk pos dan berkata "Pel", maka pencari menang. Seorang yang ditemukan pertama kali akan bergantian menjadi pencari.

BACA JUGA:

Manfaat Permainan Petak Umpet

  1. Permainan Petak umpet bermanfaat untuk menguji kecepatan, kejelian memperhatikan tempat sembunyi.
  2. Petak umpet juga dapat melatih kecerdikan seseorang, yaitu dalam mencari tempat persembunyian yang aman.
  3. Pumpet dapat digunakna untuk belajar menghitung, melatih motorik kasar, mengasah ketelitian dan kepekaan.
  4. Melatih kesabaran, belajar mengingat, dan belajar untuk mengikuti aturan yang ada.
  5. Petak umpet melatih sportifitas
  6. Petak umpet menguji kecepatan berlari
  7. Petak umpet mempererat pertemanan karena dituntut untuk memahami dan mengenali seseorang dngan baik.

Akhir kata

Permainan petak umpet saat ini telah banyak ditinggalkan dan beralih dengan permainan-permainan lain yang lebih modern. Mari kita lestarikan permainan ini supaya tidak hilang dengan melakukannya di rumah berasma teman teman.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.