Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

BAGAIMANA CARA MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL

 Rifanfajrin.com - bagaimana cara melestarikan permainan tradisional

Hai sobat rifanfajrin, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu sehat dan ceria ya. Siapa diantara kalian yang suka bermain permainan tradisional? Di Indonesia banyak sekali permainan tradisional yang dapat kita mainkan.

Rifanfajrin pernah menuliskan banyak sekali contoh permainan tradisional yang dapat dimainkan. untuk memelajari permainan-permainan itu, silahkan simak artikel artikel berikut ini.

Banyak sekali bukan? nah tentu sangat disayangkan apabila permainan tradisional di atas hilang begitu saja. kita harus ambil bagian untuk bersama sama mengupayakan bagaimana cara melestarikan permainan tradisional tersebut. hal ini selaras dengan pembelajaran kelas 5, tema 8, subtema 1 membahas mengenai Manusia dan Lingkungan..

Permainan tradisional menjadi ciri khas permainan anak-anak Indonesia. Namun kita dihadapkan pasa satu kekhawatiran kolektif, bahwa permainan tradisional tersebut mungkin suatu saat nanti akan hilang. Lalu, 'apa tindakan yang bisa dilakukan untuk melestarikan permainan tradisional?'

Ikut melestarikan permainan tradisional merupakan kewajiban, sedangkan kita sebagai anak-anak bisa turut andil dalam upaya pelestarian permainan tradisional tersebut.

kunci jawaban kelas 5, tema 8, subtema 1, tentang manusia dan lingkungan.


Berbagai Upaya yang Bisa Dilakukan Anak-Anak untuk Melestarikan Permainan Tradisional

Salah satu prinsip dasar dalam melestarikan permainan tradisional yang utama adalah kita harus memahami, menyadari, dan meyakini, bahwa permainan tradisional merupakan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Kita memiliki beragam permainan tradisional yang menjadi ciri khas setiap daerah. Namun, saat ini permainan tradisional sudah jarang dimainkan oleh anak-anak. Dikhawatirkan permainan tradisional bisa punah. Maka, berbagai upaya dapat dilakukan untuk melestarikan permainan tradisional.

Berikut ini beberapa contoh upaya yang dapat dilakukan anak-anak untuk melestarikan permainan tradisional:

1. Memainkan Permainan Tradisional

Sebagai anak -anak kita dapat melakukan upaya yang utama untuk melestarikan permainan tradisional yaitu dengan memainkan permainan tradisional tersebut. Kita bisa memainkannya di sela sela waktu senggang, setelah selesai mengerjakan tugas di sekolah, atau setelah selesai membantu pekerjaan orang tua di rumah. Kita bisa memainkannya di tengah lapangan bersama dengan teman teman. 

Dengan memainkan permainan tradisional, artinya kita turut andil memperkenalkan permainan tradisional tersebut sehingga menjadi lebih dikenal dan dimainkan oleh lebih banyak orang.

2. Ajak Teman Bermain Bersama

Tentu lebih asyik memainkan permainan tradisional secara bersama-sama. Kita bisa mengajak teman-teman untuk bersama sama memainkannya. Dengan mengajak teman untuk memainkan permainan tradisional, maka akan lebih banyak anak-anak yang ikut memainkannya

Mengajak teman memainkan permainan tradisional memiliki banyak manfaat. selain turut melestarikan permainan tradisional, juga akan menambah teman kita. Kita jadi mempunyai lebih banyak teman, selain itu bisa membuat teman-teman yang sebelumnya tidak mengenal permainan tradisional, menjadi lebih mengenalnya. Apalagi umumnya permainan tradisional biasanya membutuhkan sejumlah orang untuk memainkannya.Singkat kata, memainkan permainan tradisional bersama-sama adalah hal yang bisa dilakukan sebagai upaya pelestarian permainan tradisional.

3. Mengurangi Bermain Gadget

Salah satu penyebab anak enggan dan malas memainkan permainan tradisional adalah merebaknya permainan game online di smartphone. Saat ini, teknologi gadget semakin berkembang pesat, bahkan menyasar ke kalangan anak anak dengan menciptakan permainan game online yang digemari anak anak. Apakah teman-teman juga sering bermain game online melalui smartphone?

Hati hati ya teman. Bermain game dengan gadget bisa berakibat buruk, salah satunya bagi kesehatan mata. Umumnya bermain game melalui gadget dilakukan lebih dari satu jam, bahkan satu jam mungkin terasa kurang Lamanya waktu bermain game bisa mengganggu kesehatan mata kita, sehingga ke depan mungkin akan banyak anak anak berusia dini yang sudah memakai kacamata minus akibat keseringan bermain game online.

selain itu, juga bisa menyebabkan kecanduan. bahkan tidak jarang menyebabkan anak mudah berkata kotor, berbohong, dan bahkan berani mengambil/mencuri  uang orang tuanya untuk top up deposit atau membeli akun game. 

Bermain gadget juga berdampak pada permainan tradisional yang menjadi semakin jarang dimainkan karena terlalu asyik bermain game di ponsel. Nah, mulai sekarang sebaiknya kita mulai mengurangi bermain game di ponsel ya!

Mari perbanyak mempelajari dan memainkan permainan tradisional dibandingkan dengan bermain gadget. langkah ini tidak hanya bermanfaat melestarikan permainan tradisional, tetapi juga akan menjadikan  tubuh menjadi lebih sehat dan kuat karena permainan tradisional juga mengajarkan kita pentingnnya sportifitas. tubuh lebih banyak bergerak sehingga menjadi lebih sehat.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang bagaimana cara melestarikan permainan tradisional, sekaligus menjadi kunci jawaban kelas 5, tema 8, subtema 1, tentang manusia dan lingkungan. semoga bermanfaat ya teman-teman. sampai jumpa lagi. salam.