Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH GERAKAN TUMBUHAN KELAS 1 SD

Rifanfajrin.com - contoh gerakan tumbuhan kelas 1 SD



Salah satu ciri khas makhluk hidup adalah selalu bergerak baik manusia hewan maupun tumbuhan semuanya bergerak. Namun demikian gerakan yang dilakukan oleh manusia hewan dan tumbuhan tentulah berbeda. Manusia dan hewan dapat bergerak secara aktif sedangkan tumbuhan hanya dapat melakukan gerakan secara pasif. Tumbuhan hanya dapat bergerak ketika mendapatkan rangsangan atau stimulus yang berasal dari luar lingkungan. Contoh stimulus misalnya berupa air, cahaya, gravitasi bumi, hempasan angin, dan sentuhan manusia atau hewan.

Pada artikel kali ini rifan Fajrin akan membahas tentang materi pelajaran olahraga/penjaskes tentang gerak berirama yaitu siswa diajarkan untuk menirukan gerak tumbuhan maupun binatang. Materi ini sangatlah asyik dan menyehatkan dan dapat dilakukan di mana saja.

Meskipun tanaman atau tumbuhan terlihat statis dan pasif namun ketika mendapatkan rangsangan misalnya ketika tertiup angin maka akan mengalami pergerakan sesuai dengan arah angin. Gerakan tersebutlah yang kemudian dapat ditiru oleh siswa-siswi SD kelas 1 dengan cara membungkukkan badan ke depan, melenting ke belakang, meliuk ke samping kanan maupun ke kiri.

Namun sebelumnya untuk memahami macam-macam gerakan perlu diketahui dulu bahwa gerakan dalam olahraga dibagi menjadi dua yaitu gerak lokomotor dan gerak non lokomotor.

1. Gerak lokomotor 

adalah gerakan yang dapat berpindah tempat contoh,misalnya berlari, berjalan dan melompat.

2. Gerak non lokomotor 

adalah gerakan yang tidak menyebabkan perpindahan tempat, contohnya adalah gerakan pohon tertiup angin, menangkap bola atau melempar bola dan lain-lain.

SIKAP BADAN MENIRUKAN GERAKAN TUMBUHAN

Berikut ini adalah contoh gerakan menirukan tumbuhan berupa pohon yang ditiup angin, misalnya badan tegak lurus dengan kedua tangan diangkat ke atas dan melampaui ke kanan dan ke kiri. Badan diusahakan berdiri menjulang sebagaimana batang pohon, sedangkan kedua tangan berada di atas seperti dedaunan. dan ke kiri seperti sedang tertiup angin.


Secara terperinci ada beberapa sikap badan menirukan tanaman diantaranya adalah;

BACA JUGA: SEJARAH SINGKAT SENAM IRAMA

1. Tanaman rendah: kedua kaki dibuka lebar-lebar dan ditekuk

2. Tumbuhan tinggi: sikap badan tegak lurus kemudian kedua tangan diangkat ke atas berposisi lurus.

3. Bertangkai lebar: badan tegak lurus dan kedua tangan direntangkan ke kanan dan ke kiri menirukan tangkai yang lebar

4. Tangkai berayun-ayun: badan tegak lurus kemudian kedua tangan direntangkan ke arah kanan dan ke kiri namun ditekuk ke bagian bawah

5. Menguncup: badan tegak lurus, bahu ditekuk ke depan, kemudian tangan diletakkan ke bawah di depan tubuh.







AKHIR KATA

demikian ulasan singkat rifanfajrin tentang contoh gerakan tumbuhan kelas 1 SD, semoga bermanfaat.