Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SEJARAH SINGKAT SENAM IRAMA

SEJARAH SINGKAT SENAM IRAMA

sejarah singkat senam irama
Senam Irama


Senam irama merupakan salah satu materi pelajaran PJOK untuk siswa kelas 4 SD.
Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang sejarah singkat senam irama.
Namun sebelumnya kita akan mengulas terlebih dahulu tentang senam irama itu sendiri.

Senam irama

Senam irama sering juga disebut sebagai senam ritmik, yaitu sebuah gerakan senam yang dilakukan dengan diiringi irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Nah senam irama itu sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan alat maupun dengan tanpa alat.

Alat-alat yang sering digunakan ketika kita melakukan senam irama antara lain adalah ganda, simpai, bola, topi, pita, dan tongkat.

Unsur-unsur dalam senam irama

Di dalam senam irama terdapat beberapa unsur yang penting untuk diperhatikan yaitu:

1. Kelentukan
2. Keseimbangan
3. Keluwesan
4. Fleksibilitas
5. Kontinuitas, dan
6. Ketepatan dengan irama

Pada intinya penekanan dalam senam irama yaitu pada tiga hal yaitu:

1. Ketepatan musik atau irama
2. Kelentukan atau fleksibilitas, dan
3. Kontinuitas gerakan

Gerakan dasar dalam senam irama

Gerakan-gerakan dasar dalam senam irama antara lain adalah sebagai berikut:

1. Gerakan langkah kaki

Gerakan langkah kaki bisa sangat beragam macamnya antara lain langkah biasa, langkah rapat, langkah depan, langkah keseimbangan, atau langkah silang.

2. Gerakan ayunan lengan

Gerakan ayunan lengan ini pun sangat beragam macamnya antara lain ayunan satu lengan, ayunan satu lengan depan, ayunan satu lengan dari depan ke samping, dan ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan.

Kedua jenis gerakan tersebut yaitu gerak langkah kaki dan gerak ayunan lengan harus kita pelajari dan lakukan latihan secara intens untuk bisa mahir melakukan gerakan senam irama.

Sejarah singkat senam irama


Setelah kita mempelajari apa itu senam irama, sekarang mari kita pelajari sejarah singkat senam irama.

Olahraga senam irama bermula dari sebuah gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970.

Ketiga orang tersebut menggagas akan pentingnya ekspresi pada sebuah gerakan yang dilakukan oleh tubuh. Dengan demikian akan tercipta keindahan melalui berbagai rangkaian gerakan itu sendiri.

Pada abad ke-19 gerakan tersebut mulai berkembang yang ditandai dengan munculnya suatu sistem latihan yang diperkenalkan oleh Peter Henry Ling yang dikenal dengan Swedia System (sistem Swedia).

Gerakan yang pada awalnya merupakan gerakan bebas, oleh beliau kemudian dipromosikan sebagai gymnastic estetis.

Apa itu gymnastic estetis? Secara sederhana gymnastic estetis adalah ketika seorang atlet melakukan sebuah gerakan maka gerakan tersebut juga harus dibarengi oleh ekspresi diri, emosi, dan juga perasaan.

Pada tahun 1929, seiring dengan perkembangan zaman dan pemikiran yang semakin maju, seorang yang bernama Hinrich Medau, menciptakan sebuah gerakan senam artistik dengan menggunakan alat-alat tambahan seperti bola, tali, gada, pita, dan simpai. Gerakan tersebut dianggap sebagai suatu gagasan gymnastic yang cukup modern pada saat itu.

Pada perkembangan selanjutnya, mulai muncul kompetisi-kompetisi senam irama. Kompetisi senam irama yang pertama digelar pada tahun 1940 di Rusia. 

Kemudian pada tahun 1961, oleh The International Gymnastic Federation (FIG)---SEBUAH INDUK ORGANISASI SENAM DUNIA YANG TERTUA DAN SUDAH BERPARTISIPASI DALAM OLIMPIADE INTERNASIONAL SEJAK TAHUN 1896, telah memasukkan senam irama ke dalam cabang senam.

Demikianlah awal mula atau sejarah singkat senam irama yang hingga hari ini ini masih lestari, bahkan mulai banyak digandrungi oleh berbagai kalangan tidak terkecuali oleh anak-anak pada usia sekolah dasar.

Sampai jumpa pada postingan blog selanjutnya tetap di Rifan Fajrin dotcom.