Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Mengapa ibu hamil sangat penting menjaga pola makanan sehat? Tak lain karena setiap ibu hamil pastilah mengingingkan bayi yang ada di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat selalu, dan terlahir dengan selamat dan sehat. 

Untuk itulah, seorang ibu hamil harus terpenuhi asupan makanan sehat demi sang buah hati. Pastikan asupan nutrisi ini terpenuhi atau tercukupi. Jangan sampai tidak terpenuhi asupan nutrisi dari makanan sehat ini, karena hal itu akan berdampak kepada perkembangan janin.

Sebagai informasi, bagi seorang ibu yang sedang hamil, setiap harinya dia membutuhkan 300 - 500 kalori tambahan. Jumlah tersebut terutama pada trimester 2 dan trimester 3 usia kehamilan.

Lalu, apa makanan sehat yang tepat untuk ibu hamil? Ikan salmon. Ikan salmon biasa dikonsumsi agar anak terlahir cerdas, karena di dalamnya terkandung omega-3 seperti DHA dan EPA yang tinggi.

Apalagi selain ikan salmon? Berikut ini adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi.



1. Ubi

Ternyata, ubi banyak mengandung vitamin A. Ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan jaringan dan sel pada janin bila dikonsumsi ibu hamil. Jadi jangan ragu untuk menjadikan ubi sebagai camilan sehat! Cara penyajiannya bisa dengan cara direbus dan disajikan pada pagi hari.

Akan tetapi, dalam mengonsumsi ubi janganlah berlebihan. Meski kita tahu bahwa ubi sangat berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan sel pada janin, namun nyatanya konsumsi yang berlebihan justru bisa mengakibatkan keracunan. 

Oleh karena itu, konsumsi ubi yang terbaik adalah konsumsi dalam jumlah yang wajar dan tak berlebihan.


2. Telur

Telur banyak sekali manfaatnya bagi ibu hamil. Di dalam sebutir telur, terkandung zat kolin yang bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Telur juga mengandung banyak vitamin. Karena itulah, telur disarankan sebagai makanan sehat bagi ibu hamil.


3. Kacang-kacangan

Makanan sehat bagi ibu hamil juga berasal dari berbagai jenis kacang-kacangan. Antara lain: buncis, kacang kedelai, kacang polong, maupun kacang tanah. Kita tahu, kacang-kacangan ini banyak mengadung protein (nabati), kalsium, zat besi, serta mengandung serat selama masa hamil.

Pada trimester pertama, nutrisi tersebut penting untuk kesehatan janin maupun ibu hamil. Selaiim daripada itu, Kalsium, protein, dan asam folat dapat pula mencegah bermacam-macam risiko penyakit, dan tak kalah penting adalah menghindarkan bayi terlahir dalam kondisi cacat.

Kacang polong bisa juga dijadikan makanan harian ibu hamil. Manfaatnya, adalah menghindarkan bayi berada dalam kondisi yang lemah saat persalinan. dengan demikian, berat badan bayi agar tetap ideal pun akan terjaga. (Baca: Bagaimana menghindarkan anak dari obesitas?)


4. Produk susu

Produk susu sangatlah tepat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, berbagai macam vitamin seperti magnesium, zat besi, dan Vitamin B ada semua di dalam susu. Dengan rutin minum susu, maka kesehatan tulang ibu dan bayi tetap terjaga dengan baik.

Tak hanya itu, susu juga mengadung probiotik yang akan menghindarkan kandungan dari bakteri, zat anti infeksi dan alergi. 

BACA JUGA: Menu makanan sehat balita

Demikianlah sekelumit tentang makanan sehat untuk ibu hamil. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan kita dalam memilih makanan apa saja yang tepat bagi ibu hamil. Mengkonsumsi makanan yang sehat akan membantu kesehatan dan perkembangan janin.

Mudah-mudahan bayi yang sedang dikandung akan terlahir dengan selamat dan sehat. Amiiin.

2 Responses to "Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil"

  1. artikelnya sangat membantu memang benar ikan salmon itu sangat baik untuk ibu hamil dan juga buat anak-anak karena kandungan gizi yang sangat lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pemerintah melalui menterinya, Ibu Susi Pudjiastuti, berhasil mewujudkan kejayaan sektor kelautan, sehingga anak-anak Indonesia dapat menikmati hasil laut yang penuh dengan ikan yang sarat gizi! :D

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel