Bagaimana Agar Anak Terhindar dari Obesitas?

Bunda, kita sering senang dan gemas melihat bayi/balita yang gemuk. Maaf, dibandingkan dengan bayi yang "kurus", bayi yang gemuk memang terlihat lebih menyenangkan, lucu, dan menggemaskan.

Namun, badan yang terlalu gemuk ternyata kurang baik bagi kesehatan bayi. Keadaan ini sering disebut sebagai obesitas.

Obesitas bisa kita artikan sebagai penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal.

Obesitas tidak hanya melanda orang dewasa. Bayi dan anak-anak pun bisa terkena obesitas.

Bila buah hati kita terlalu gemuk, kita khawatir itu akan mengganggu gerak motoriknya. Selain itu, bayi yang gemuk akan cenderung lebih cepat capek dan mengeluarkan keringat yang lebih banyak. Lebih lanjut, kita khawatir itu akan mengganggu pernapasannya.

Lalu, bagaimana cara menghindarkan buah hati kita dari obesitas? Berikut ini tips agar anak terhindar dari obesitas atau kegemukan. Semoga bermanfaat bagi Bunda.


1. Biasakan anak makan tepat waktu

Pola makan yang teratur sangat penting bagi kita. Begitu juga dengan buah hati.
Adalah tugas kita sebagai orang tua untuk membiasakan anak makan tepat waktu. Kebiasaan ini juga bertujuan agar anak tidak ngemil setiap saat karena pola makan dia sudah teratur.

Dengan makan tepat waktu, kemungkinan obesitas pada buah hati kita akan dapat terhindarkan.


2. Berikan makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang

Selain pola makan yang teratur, sangat penting bagi kita menyediakan makanan bagi buah hati dengan gizi yang cukup dan seimbang. Misalnya, tidak memberikan terlalu banyak lemak dan karbohidrat kepada anak. Berikan sesuai kebutuhannya.

Bila perlu, konsultasikan kepada ahli gizi.


3. Rangsang anak untuk melakukan aktivitas bergerak

Obesitas atau kegemukan juga bisa dihindari dengan aktivitas badan/fisik yang cukup. Gizi yang seimbang dan aktivitas tubuh yang tepat adalah perpaduan yang baik untuk fisik yang ideal.

Apabila anak malas untuk bergerak, berikan rangsangan padanya. Misalnya ajak dia bermain, berjalan-jalan, bersepeda, berenang, dan aktivitas-aktivitas lainnya.


4. Memberikan camilan yang tepat

Jangan SELALU menyediakan camilan di rumah. Camilan memang perlu, tetapi kita perlu mengaturnya. Bila camilan selalu tersedia, kita khawatir tidak bisa mengontrol anak untuk ngemil, apalagi bila anak terbiasa ngemil menjelang tidurnya. Selain berisiko obesitas, hal itu juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan giginya.

Lebih baik lagi adalah mengatur camilan seperti roti atau buah-buahan, daripada memberinya permen, es krim, cokelat, dan sejenisnya.


5. Jangan jadikan makanan untuk bujukan

Apakah Bunda masih suka memberikan permen, cokelat, atau es krim kepada buah hati saat dia menangis dengan tujuan agar berhenti dia menangis?

Jika iya, hentikan kebiasaan tersebut. Menjadikan makanan sebagai bujukan ternyata tidak selalu tepat.

Demikianlah sedikit Tips Agar Anak Terhindar dari Obesitas.

BACA JUGAMandi Pada Malam Hari Berbahaya, Benarkah?

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel