Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Agar si buah hati dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, kita harus memperhatikan menu makanan yang tepat baginya. Apalagi pada usia 3 – 5 tahun, anak sangat membutuhkan makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi tinggi. Akan tetapi, kadang kita masih saja bingung memilih menu apa yang tepat, lezat sekaligus sehat untuk balita kita tercinta.

Ada beragam pilihan menu makanan sehat yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Jadi, kita tidak perlu khawatir apalagi dibuat pusing saat hendak menyajikan menu makanan sehat tersebut.

Apa sajakah Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati? Mari kita simak secara lengkap berikut ini!


Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati

1. Telur dadar isi sayur

Kita tahu, telur merupakan bahan makanan memiliki kandungan protein tinggi. Telur sangat baik dan berperan penting untuk tumbuh kembang balita. 

Dengan mengonsumsi telur, buah hati kita akan mendapatkan energi yang cukup sehingga dia akan tetap aktif sehari-hari. Telur juga sangat cocok untuk diberikan kepada balita aktif, suka melakukan aktivitas yang melibatkan fisik. Saat balita tumbuh semakin besar, telur juga sangat cocok bagi anak yang suka berolahraga.

Cara penyajiaannya juga bisa bervariasi menurut selera. Telur matang bisa disajikan secara langsung, atau dengan menambahkan sayur-sayuran ke dalam telur dadar. Sayur-sayuran seperti kol, kubis, sawi, dan lain-lain sangat cocok sebagai campurannya. Manfaat dari telur yang kita dapatkan pun lebih maksimal dengan tambahan bahan-bahan menyehatkan tersebut.


2. Susu dan oats di pagi hari

Pada pagi hari, sangat cocok dan nikmat menghidangkan oats sebagai makanan sehat untuk balita. Oats banyak direkomendasikan oleh para dokter dan ahli gizi sebagai hidangan bagi balita. Hal itu dikarenakan sifat oats yang lebih gampang dicerna ketimbang makanan lain. 

Oats akan membantu anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan penuh energi dan semangat.

Cara penyajian oats bisa juga kita variasikan. Acapkali kita perlu menghidangkan oats sebagai camilan sekadar untuk menghindarkan anak dari rasa bosan dalam mengonsumsinya.


3. Jus lemon dan madu

Tak kalah penting bagi kita adalah menyajikan minuman sehat dan bergizi, untuk melengkapi menu makanan sehat yang telah kita siapkan. Beberapa minuman sehat itu antara lain susu, bubur kacang hijau, dan dapat pula kita sajikan jus lemon dan tambahan madu.

Untuk jus lemon, kita bisa sajikan dengan cara memerasnya seperti biasa. Lalu kita tambahkan air hangat secukupnya dan madu. Tentu akan sangat nikmat bila dikonsumsi selagi masih hangat.

Bagi anak balita, kami tak merekomendasikan menyajikan jus lemon ini dalam kondisi dingin (es).


4. Buah-buahan

Tubuh anak memerlukan sumber mineral terbaik, dan itu bisa didapatkan dari buah-buahan. Dengan kandungan air pada buah-buahan, bermanfaat untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh anak. 

Pemberian buah yang tepat, juga dapat mengatasi gangguan penyakit pada anak, seperti sembelit (susah buang air besar), hingga membantu meningkatkan imunitas ada tubuh. Dengan demikian, anak akan tumbuh lebih sehat dan kuat, lebih tahan atau kebal terhadap serangan penyakit. 

Buah tak banyak mengandung protein dan karbohidrat. Akan tetapi buah-buahan merupakan sumber alami zat besi, kalsium, vitamin, antioksidan, potasium, dan lain-lain. 

Oya, buah-buahan cocok juga dikonsumsi sebagai camilan di waktu senggang.

BACA JUGA: BAGAIMANA AGAR ANAK TERHINDAR DARI OBESITAS?

Demikianlah sekelumit tentang Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati. Pada intinya, jangan sampai kita memberikan makanan kepada si kecil secara serampangan. Berikanlah makanan yang bergizi, bernutrisi tinggi, namun tetap lezat dan cocok dikonsumsi oleh anak kita. Mudah-mudahan balita kita senantiasa sehat dan mampu bertumbuh dan berkembang dengan baik.

6 Responses to "Menu Makanan Balita yang Sehat dan Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati"

  1. Dulu waktu saya kecil, kata ibuk suka diberi makan susu sama oats ehehe :D

    BalasHapus
  2. Wah, sehat dong sekarang ... hehehe.

    BalasHapus
  3. susu dan oats adalah menu favorit untuk sarapan keluarga kami.. alsannya sih lebih karena praktis dan cepat penyajiannya.. dan rasanya bisa divariasi dengan tambahan susu atau buah2an ... ternyata ini termasuk makanan yang direkomendasikan yah.... hehehe

    BalasHapus
  4. Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca dan rangkum memang begitu Mbak. hehehe.

    BalasHapus
  5. ngga dapat di pungkiri lagi kalau di rumah walaupun udah nggak ada Balita menu susu dan oats sudah jadi kebiasaan mamang mengkonsumsinya...maklum pengen jadi balita lagi sieh...

    BalasHapus
  6. Hehehe... mantaab, Mang Lembu. karena hidup sehat tidak ada batas usia.. :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel