Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Banyak orang merasa bermasalah dengan berat badannya. Kelebihan berat badan seringkali dirasa cukup mengganggu gerak/aktivitas. Bahkan, kelebihan berat badan bisa juga mengganggu kesehatan. Dan hal itu tidak hanya terjadi pada orang dewasa, kelebihan beran badan/obesitas juga bisa terjadi pada anak-anak

Karena itu, beragam cara ditempuh untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Namun, dibandingkan dengan cara ini, menurunkan berat badan secara alami tanpa obat dianggap merupakan pilihan terbaik yang bisa dilakukan.

Sebenarnya, cara menurunkan berat badan ini cukup sederhana saja konsepnya. Yaitu, 1) mengurangi asupan kalori, dan 2) memperbanyak pengeluaran kalori.

Dalam praktiknya, mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan, akan dituntut untuk lebih aktif bergerak, serta mengurangi asupan kalori yang bisa menimbulkan tumbunan lemak pada perut. Cobalah untuk mengonsumsi makanan rendah kalori.



Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami.


1. Jauhi makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan penyebab utama gagalnya program diet seseorang. Maka, jauhilah makanan cepat saji bila Anda betul-betul ingin menurunkan berat badan. Apalagi, makanan cepat saji juga dianggap kurang memenuhi kriteria makanan sehat.

Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein seperti ikan, ayam, dan sayuran.


2. Perbanyak protein dan kurangi karbohidrat


Mengonsumsi protein sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami.

Lakukanlah diet karbo, yaitu mengurangi asupan karbohidrat. Batasilah makanan-makanan "berat" atau yang mengandung karbohidrat seperti nasi, pasta, atau makanan yang mengandung gula.

Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak konsumsi daging tanpa lemak, telur, ikan, dan sayuran rendah karbohidrat.


3. Perbanyak olahraga

Olahraga sangat penting dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami. Sangat mengherankan bila ada orang yang ingin menurunkan berat badan akan tetapi enggan untuk melakukan olahraga. 

Dengan berolahraga, kita akan membakar kalori yang ada di dalam tubuh secara ekfektif. Bila tidak mau berolahraga, bagaimana kita bisa mengeluarkan kalori?

Maka perbanyaklah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik di dalam maupun di luar rumah.  Anda bisa mulai dengan melakukan olahraga favorit Anda, misalnya badminton, berenang, lari pagi, bahkan melakukan pekerjaan di rumah seperti mengepel lantai atau berkebun. Aktivitas-aktivitas tersebut akan sangat membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara alami.

4. Kurangi asupan kalori

Terakhir, cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa dilakukan adalah mengurangi asupan kalori. Sebagai informasi, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Semua itu dipengaruhi oleh aktivitas, jenis kelamin, usia, tinggi badan, dan berat badan.

Aktivitas fisik yang bermanfaat mengeluarkan banyak kalori, yang telah Anda lakukan di point ketiga tadi, imbangilah dengan mengurangi asupan kalori (konsumsi makanan rendah kalori). Kombinasi ini terbukti sangatlah efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Kita bisa mulai mengurangi porsi makanan secara bertahap, sedikit demi sedikit. Jangan terlalu ekstrim yang justru bisa berpengaruh negatif pada kesehatan kita sendiri. Di samping itu, hindari juga camilan-camilan yang kurang sehat, dan gantilah dengan sayur dan buah-buahan. 

BACA Juga: Buah-buahan yang bagus untuk jantung

Demikianlah artikel singkat tentang cara menurunkan berat badan secara alami. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel