Pengertian Fotosintesis, Materi Kelas 3 SD Tema 6

 Rifanfajrin.com - Fotosintesis adalah materi kelas 3 SD

Hai teman-teman, jumpa kembali dengan rifanfajrin di ulasan materi kelas 3 SD. Kali ini rifanfajrin akan membahas tentang fotosintesis yang terdapat pada tema 6.

Tumbuhan memiliki ciri khas yang membedakan dengan makhluk lain, yaitu mereka dapat melakukan proses fotosintesis untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Fotosintesis adalah materi kelas 3 SD
Pengertian Fotosintesis, Materi Kelas 3 SD Tema 6


Rifanfajrin akan mengulas tentang pengertian dan hasil dari proses fotosintesis itu sendiri. Apa itu fotosintesis? Dan apa manfaat fotosintesis bagi tumbuhan dan manusia?

Fotosistesis yang terjadi pada tumbuhan, ternyata memiliki manfaat yang luas, tidak hanya bermanfaat untuk tumbuhan itu sendiri. Pada proses fotosintesis ternyata dapat pula dimanfaatkan makhluk hidup lain, yaitu manusia dan hewan. 

Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis merupakan proses dimana tumbuhan hijau dan organisme tertentu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Proses ini terjadi karena tumbuhan memiliki zat hijau daun, dengannya tumbuhan akan menggunakan air serta karbon dioksida untuk membentuk energi dan cadangannya.

Bagaimana proses Fotosintesis

Pada saat proses fotosintesis, diikuti dengan proses masuknya karbon dioksida yang ada di udara melalui stomata yang ada di daun. Lalu akar tumbuhan kemudian menyerap air dari dalam tanah dan mengirimnya ke daun. Daun akan memasak kedua bahan tadi dengan menggunakan sinar matahari.

Hasil masakan berupa zat makanan dan oksigen, digunakannya untuk melakukan pertumbuhan dan juga menyimpan cadangan makanan. Selain itu, saat proses selesai tumbuhan juga akan membuang oksigen ke udara.

Di bawah ini akan diulas lebih rinci tenntang manfaat dari dua hasil proses fotosintesis.

Hasil Fotosintesis

1. Zat Makanan

Zat makanan merupakan hasil dari proses fotosintesis, dimana zat makanan yang dihasilkan adalah berupa glukosa yang menjadi bahan dasar pembentukan lemak dan protein untuk tumbuhan tumbuh.

Selain bermanfaat untuk tumbuhan, glukosa yang diolah tumbuhan menjadi cadangan makanan juga bermanfaat untuk manusia dan hewan apabila dikonsumsi. Diketahui bahwa pada beberapa jenis tumbuhan yang berbeda,juga akan memiliki bentuk cadangan makanan yang berbeda pula dengan banyak kandungan berbeda-beda.

Sebagai contoh, pada umbi-umbian akan menyimpan cadangan makanan pada akar atau batang. Umbi-umbian akan mencadangkan makanan berupa kandungan karbohidrat yang dibutuhkan manusia dan hewan.

Selain itu ada pula tumbuhan seperti apel, jeruk, mangga dan lain sebagainya yang menyimpan cadangan makanan pada buah. Sehingga jamak kita ketahui bahwa buah memiliki banyak kandungan air atau beragam vitamin.

2. Oksigen

Oksigen merupakan hasil fotosintesis selain zat makanan. Oksigen sangat bermanfaat bagi makhluk hidup, khususnya manusia dan hewan. Karena udara yang mereka hirup adalah oksigen. karenanya, tumbuhan berperan penting pada kondisi udara yang bersih dan sehat.

Pada prosesnya, tumbuhan manyaring udara dengan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Inilah sebabnya ketika kita berada di bawah pohon / tumbuhan maka akan merasakan udara yang lebih sejuk dan segar karena adanya oksigen tersebut. 

Akhir kata

Nah, demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pengertian dan hasil dari fotosintesis yang juga bermanfaat untuk manusia dan hewan. Dengan adanya banyak tumbuhan, maka udara menjadi bersih dan manusia bisa mengolah cadangan makanan pada tumbuhan. Semoga bermanfaat dan membantu kalian memahami materi yang diulas pada artikel ini.

close