Rangkuman Materi Bab 5 Cerita Tentang Daerahku IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

candi di indonesia


Rangkuman Materi Bab 5 Cerita Tentang Daerahku IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

1. Kerajaan tertua di Nusantara adalah Kerajaan Kutai.

2. Raja Hayam Wuruk pernah berkuasa di Kerajaan Majapahit. Majapahit berada di puncak kejayaan pada masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada.

3. Benda-benda bersejarah pada masa kerajaan antara lain: Arca, Kitab, Benteng

4. Perilaku tak pantas ditiru contohnya adalah mencorat-coret tembok bekas keraton. Hal itu merusak peninggalan sejarah.

5. Kekayaan alam yang dapat diperbarui, antara lain jagung, kerbau, beras (kekayaan alam hayati/makhluk hidup. Kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui misalnya adalah minyak bumi, batu bara, dan emas.

6. Perilaku bijak memanfaatkan energi adalah mematikan kipas angin saat sudah tidak gerah.

7. Nelayan pencari ikan adalah mata pencaharian yang dilakukan di daerah laut.

8. Nelayan mengambil kekayaan alam di laut berupa ikan.

9. Musik dangdut lahir karena pengaruh musik dari India dan musik Melayu. Dalam hal ini musik dangdut merupakan contoh akulturasi (penyatuan dua kebudayaan asli menjadi kebudayaan yang baru)

10. Cara bijak menyikapi masyarakat pendatang menunjukkan sikap toleransi.

11. Agama Hindu masuk ke wilayah nusantara sekitar abad ke-4. Masuknya agama Hindu mempengaruhi munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu di wilayah nusantara. Kerajaan Hindu yang pernah ada di Nusantara antara lain Kutai, Tarumanegara, Mataram Kuno, Kediri, Singasari, dan Majapahit. Di antara kerajaan-kerajaan bercorak Hindu tersebut, hanya Kerajaan Kutai yang terletak di Luar Pulau Jawa, yaitu terletak di Kalimantan Timur di lembah sungai Mahakam.

12. Wilayah Indonesia dahulu berdiri kerajaan-kerajaan yang tersebar di Nusantara. Pernyataan tersebut didukung dengan ditemukannya peninggalan sejarah. Di antaranya adalah prasasti, arca, candi, dan relief. Sebagian besar peninggalan zaman kerajaantersebut kental akan corak keagamaan.

13. Beberapa kerajaan bercorak Buddha di Nusantara, yaitu Sriwijaya, Kalingga, dan Mataram Hindu.

14. Contoh perilaku melestarikan peninggalan bersejarah adalah tidak membuang sampah sembarangan di tempat peninggalan sejarah, tidak mencorat-coret benda-benda bersejarah, memugar bangunan bersejarah.

15. Kekayaan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Ada kekayaan alam yang dapat diperbarui, ada pula kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui. Kekayaan alam yang dapat diperbarui umumnya berupa makhluk hidup dan produk-produknya. Sedangkan kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui biasanya berupa barang tambang. Contoh kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui adalah aspal, minyak bumi, batu bara, emas, nikel, dan sebagainya.

16. Contoh tempat-tempat yang menghasilkan kekayaan alam antara lain perkebunan, peternakan lele, perkebunan tebu, dan lain-lain.

17. Contoh Perilaku yang tidak melestarikan kekayaan alam, antara lain: memburu satwa liar secara ilegal, mengalihfungsikan hutan menjadi pemukiman besar-besaran. 

18. Contoh jenis mata pencaharian yang cocok di lingkungan pantai antara lain: nelayan, petani garam, penambak udang.

19. Kesenian gambang kromong perpaduan budaya Indonesia dan Tiongkok, adalah contoh asimilasi.

20. Contoh sikap bijak sebagai masyarakat pendatang adaah datang dengan penuh sopan santun, dan menghormati kebudayaan lokal.

close