Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berlatih Menulis Paragraf Argumentasi - Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka tahun 2022

 


Berlatih Menulis Paragraf Argumentasi

Pada post/artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang pengertian dan ciri-ciri paragraf argumentasi. (Anda bisa membacanya pada tautan berikut: Paragraf Argumentasi - Pengertian dan ciri-cirinya).

Kita juga telah berlatih mengerjakan soal tentang paragraf argumentasi yang ada di dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar Kurikulum Merdeka tahun 2022, tepatnya pada halaman 58. (Baca tautannya berikut ini: Menulis Paragraf Argumentasi berdasarkan Teks Cerita - latihan halaman 58).

Nah, sekarang kita akan bersama-sama berlatih menulis paragraf argumentasi berdasarkan ilustrasi yang diberikan oleh guru.

Berikut ini adalah latihan menulis paragraf argumentasi yang saya berikan kepada siswa-siswi saya di kelas 4. Akan saya sertakan pula jawaban dari siswa.

Latihan Menulis Paragraf Argumentasi

Tulislah sebuah paragraf argumentasi berdasarkan ilustrasi berikut ini!

1. Pak Rifan meminta semua siswa untuk menyapu kelas setiap hari setiap pulang sekolah. 

2. Setiap hari Jumat, siswa kelas 4 mengumpulkan uang kas kelas sebesar Rp2.000,00. Suatu hari Pak Rifan selaku wali kelas tiba-tiba memutuskan bahwa uang kas yang harus dibayarkan setiap Jumat adalah Rp10.000,00.

Bagaimanakah pendapatmu?

Jawab (Alternatif Jawaban)

1. 

* Saya setuju. Menurut saya setiap hari siswa harus menyapu kelas. Semua siswa harus bertanggung jawab terhadap kebersihan di sekitar tempat duduknya masing-masing agar ruang kelas menjadi bersih dan bebas sampah. Apabila ruang kelas itu bersih, belajar pun akan menjadi nyaman dan menyenangkan.

* Saya kurang setuju apabila semua siswa harus menyapu setiap hari. Seharusnya, siswa tidak perlu setiap hari menyapu, cukup satu kali dalam satu minggu sesuai dengan jadwal piket siswa masing-masing. Lagipula jumlah sapu dan alat-alat kebersihan tidak mencukupi untuk digunakan oleh 36 siswa secara bersamaan. Bekerja bersama-sama kadang juga tidak selalu efektif.

* Saya setuju. Semua siswa harus menyapu setiap hari. Sebenarnya sudah ada regu piket kebersihan setiap harinya. Namun seringkali ada saja siswa yang tidak menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, keputusan Pak Rifan sudah tepat. Anggap saja itu sebagai sebuah hukuman karena kita tidak tertib dan disiplin menjalankan tugas dan kewajiban piket kebersihan kelas.

2. 

* Saya setuju. Asalkan itu untuk kepentingan bersama dan jelas uang itu digunakan untuk kegiatan apa.

* Saya setuju kalau uang kas itu naik. Namun, saya kurang setuju apabila kenaikan uang kas itu langsung besar sekali selisihnya, dari Rp2.000,00 menjadi Rp10.000,00. Kalau naik dari dua ribu menjadi tiga ribu rupiah, menurut saya itu masih wajar.

[]

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.