Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENYEBAB PUNAHNYA DINOSAURUS

Rifanfajrin.com - Penjelasan lengkap tentang penyebab kepunahan Dinosaurus

penyebab punahnya dinosaurus


Zaman purba menyimpan beragam misteri yang tak terpecahkan hingga sekarang. Hal ini menyebabkan munculnya beragam teori tentang masa lalu. Salah satu pembahasan yang tak kunjung selesai adalah tentang binatang purba berukuran besar, yaitu dinosaurus.

Dinosaurus kini tak dapat dijumpai lantaran makhluk tersebut telah punah jutaan tahun yang lalu. Terdapat beragam teori dari para ilmuwan yang berusaha mengungkapkan kenapa dinosaurus bisa punah. Dinosaurus, sebagaimana diketahui merupakan hewan purba berukuran besar yang mempunyai ciri-ciri hewan yang tidak kita temui di masa sekarang.

Mereka hidup diperkirakan selama 230 juta tahun yang lau di seluruh permukaan Bumi. Tetapi makhluk tersebut kini telah punah, hanya bisa kita temui berupa fosil fosil yang ditemukan oleh para arkeolog dan tersimpan di berbagai museum.  

Ulasan rifanfajrin ini akan mengupas tentang perkiraan waktu kapankah dinosaurus punah serta teori penyebab punahnya dinosaurus. Berikut ini ulasannya.

Kapan Dinosaurus Punah? 

Para ilmuan dan arkeolog melakukan ekskavasi dan menemukan berbagai sisa sisa fosil dinosaurus. ini menandakan bahwa dinosaurus memanglah benar benar ada. temuan fosil yang ditemukan berupa tulang, gigi, dan jejak kaki. Berdasrkan temuan tersebut, mulai diteliti perkiraan usia benda tersebut. Ilmuan membuat hipotesa bahwa setidaknya Bumi sudah dihuni oleh dinosaurus selama 230 juta tahun.

Dinosaurus mengalami kepunahan secara bertahap, diperkirakan hal tersebut terjadi dimulai sejak dari zaman Kapur hingga Paleogen, yaitu sekitar 66 juta tahun yang lalu. Pada masa itu, selain dinosaurus, beberapa spesies tiga per empat non unggas purba juga ikut punah. 

Teori Penyebab Kepunahan Dinosaurus 

Penyebab kepunahan dinosaurus terus diteliti oleh para ilmuan, mereka memberikan pendapat yang dikemukakan dalam berbagai teori, setidaknya ada dua teori kuat kenapa hewan purba ini bisa punah dari permukaan Bumi, yaitu. 

1. Teori Alvarez 

Pada tahun 1980, dua orang ilmuwan, yaitu Luis Alvarez dan Walter Alvarez, mengemukaan teorinya tentang penyebab kepunahan dinosaurus. Mereka menduga, penyebab utamanya  adalah meteor seukuran gunung yang menabrak permukaan Bumi, pada 66 juta tahun yang lalu.

Akibat peristiwa hantaman meteor besar tersebut menyebabkan bumi mengalami perubahan lingkungan karena dampak dari gas dan pecahan bebatuan yang menyebar. Ini juga berpengaruh terhadap berubahnya kondisi atmosfer Bumi. Keadaan ini memicu memanasnya perubahan iklim Bumi pun berubah dan terjadilah hujan yang mengandung logam iridium.

Teori ini diperkuat dengan penemuan fosil dinosaurus yang selalu ditutupi lapisan logam iridium. Logam iridium ini jarang kita temukan di lapisan kerak Bumi, namun lebih banyak ditemukan pada bebatuan meteorit. Selain ditemukannya lapisan logam iridium di atas fosil, teori ini juga didukung oleh penemuan kawah besar hasil tumbukan di sepanjang pantai Semenanjung Yucatan di Meksiko.

Kawah ini dinamakan Chicxulub yang mepunyai lebar sebesar 149,69 kilometer dan usianya sama ketika dinosaurus sedang mengalami kepunahan. 

2. Aktivitas Vulkanik 

Teori yang kedua, mengungkapkan bahwa penyebab punahnya dinosaurus adalah disebabkan adanya aktivitas vulkanik. Ilmuan mengungkapkan aliran lava kuno yang ada di India, yaitu Deccan Traps, merupakan penyebab dinosaurus mengalami kepunahan.

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa aliran lava kuno ini usianya sesuai dengan akhir zaman Kapur, saat itulah diperkirakan waktu permulaan dinosaurus mengalami kepunahan. 

Aliran lava kuno Deccan Traps sendiri pada masa lampau mempunyai semburan lava yang kuat dan besar pada 60 hingga 65 juta tahun yang lalu. Akibat semburan lava yang dahsyat, atmosfer kemudian dipenuhi oleh gas-gas beracun, seperti karbon dioksida hingga menyebabkan Bumi mengalami perubahan iklim.

Teori vulkanik ini didukung, karena suhu Bumi memang mengalami perubahan sebelum peristiwa tumbukan meteor. Bahkan, selama proses vulkanik beberapa spesies dinosaurus sudah mengalami penurunan populasi.

Selain itu, para ilmuwan menganggap aktivitas vulkanik lebih sering dialami oleh Bumi daripada hantaman meteor raksasa. 

Akhir Kata

Hingga saat ini kebenaran tentang penyebab punahnya dinosaurus belum bisa dipastikan oleh para ilmuwan dan terus menjadi misteri. Selain disebabkan karena dua teori tadi, diperkirakan jumlah dinosaurus saat itu memang berkurang karena aktivitas geologis dari Deccan Traps. Lalu, penurunan populasinya semakin parah karena ada hantaman dari meteor berukuran besar yang meninggalkan kawah Chicxulub. 

Nah, itulah ulasan rifanfajrin tentang apa saja penyebab kepunahan massal dari spesies dinosaurus, serta hewan purba nonunggas lainnya. Semoga bermanfaat ya teman.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.