Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MELAKUKAN PENGUKURAN PANJANG LINGKAR KEPALA

Rifanfajrin.com - melakukan pengukuran panjang lingkar kepala

Halo teman teman apa kabar semuanya? Pada post kali ini rifanfajrin akan membahas materi kelas 4 SD tentang praktik melakukan pengukuran panjang lingkar kepala. Materi ini masuk kategori matapelajaran matematika, ya. Yaitu pada Kompetensi Dasar Matematika 3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat, 4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat. 

Contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mempraktikkan kompetensi tersebut adalah dengan melakukan pengukuran panjang lingkar kepala kelas 4 SD. Diharapkan melalui praktik mengukur lingkar kepala, siswa dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dengan tepat.


Praktik melakukan pengukuran panjang lingkar kepala

Anak hebat, tujuan melakukan praktik pengukuran panjang lingkar kepala ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang materi sebelumnya yaitu pembulatan hasil pengukuran panjang.

Hari ini, kita akan mempraktikkan pembulatan hasil pengukuran panjang dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan kegiatan berikut ini!

Siapkan: seutas tali rafiah, penggaris, dan gunting.

Langkah kegiatan:

1. Lakukan kegiatan dengan bekerja sama dengan anggota keluargamu.

2. Ukurlah lingkar kepalamu dengan tali rafiah. Potonglah tali sesuai dengan lingkar kepalamu. Hati-hati ketika menggunakan gunting.

3. Ukurlah tali yang telah kamu potong tersebut menggunakan penggaris. Tuliskan hasilnya ke dalam tabel seperti berikut ini.

4. Ulangilah kegiatan yang sama dengan mengukur anggota keluarga yang lainnya.

5. Setelah selesai, lakukanlah pembultan hasil pengukuran panjang tersebut ke satuan terdekat.

Diskusikan:

1. Siapa yang memiliki lingkar kepala paling panjang?

2. Siapa yang memiliki lingkar kepala paling pendek?

3. Adakah di antara anggota keluargamu yang memiliki lingkar kepala sama panjang?

Silahkan lakukan kegiatan tersebut dengan teliti, disiplin, dan tanggung jawab! Tuliskan tabel hasil praktik pengukuran panjangmu di buku tulis dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Akhir kata

Demikianlah contoh praktik melakukan panjang lingkar kepala untuk kelas 4 SD yang bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman tentang pembulatan, semoga bemanfaat.