Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perubahan wujud apakah yang terjadi selama pengembunan?

perubahan wujud apakah yang terjadi selama pengembunan

Perubahan wujud apakah yang terjadi selama pengembunan?

Pada pembelajaran kelas 3 tema 3 subtema 4, kita akan belajar tentang keajaiban perubahan wujud di sekitarku. Terdapat sebuah pertanyaan, yaitu perubahan wujud apakah yang terjadi selama pengembunan?

Peristiwa mengembun atau pengembunan adalah peristiwa perubahan wujud benda gas menjadi cair.

Dengan demikian, jawaban atas pertanyaan di atas adalah: perubahan wujud gas menjadi cair.

Contoh Peristiwa Pengembunan dalam kehidupan sehari-hari

Beberapa contoh peristiwa pengembunan di dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Daun-daun dan tanaman yang basah pada pagi hari. Daun-daun yang basah tersebut adalah karena adanya embun. Embun tersebut berasal dari suhu udara yang dingin yang terjadi pada dini hari, sehingga kemudian menjadi titik embun.

2. Permukaan luar gelas yang basah. Contoh peristiwa mengembun ini biasa terjadi ketika kita sedang minum minuman dingin/es. Ketika gelas plastik atau gelas kaca yang berisi es atau minuman dingin, akan terjadi perbedaan suhu di dalam dan di luar gelas. Karena suhu di dalam gelas lebih rendah, maka di permukaan luar gelas akan menjadi basah karena terdapat titik-titik air hasil pengembunan.

3. Bernapas ke cermin atau kaca. Ketika kita menghembuskan napas (benda gas) ke arah cermin atau kaca, maka cermin tersebut akan menjadi sedikit basah. Hal itu merupakan contoh peristiwa pengembunan yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

4. Terjadinya hujan. Hujan berasal dari awan yang merupakan benda gas, berubah menjadi titik-titik air hujan yang merupakan benda cair.

Catatan Tambahan

Peristiwa mengembun adalah kebalikan dari peristiwa menguap. Pengembunan adalah kebalikan dari penguapan.

Apabila penguapan adalah perubahan wujud benda cair menjadi gas, maka pengembunan adalah kebalikannya, yaitu perubahan wujud benda gas menjadi cair.

[]

Demikianlah materi singkat untuk hari ini tentang perubahan wujud apakah yang terjadi selama pengembunan. Semoga bermanfaat untuk kita bersama. Sampai jumpa lagi pada materi pembelajaran SD yang lainnya. Tetap semangat dalam belajar dan tetaplah selalu menjaga kesehatan.