Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MERAWAT ANGGOTA TUBUH

Rifanfajrin.com - Cara Merawat Anggota Tubuh SD Kelas 1

Hai teman teman, apa kabar semuanya? Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas materi kelas 1 sd, tentang  bagaimana caranya agar tubuh kita sehat.

cara merawat anggota tubuh


Pernahkah kalian terserang penyakit, teman-teman?  Ada beberapa cara untuk merawat anggota tubuh supaya tetap sehat. Apa saja? Yuk, kita cari tahu!

CARA MERAWAT ANGGOTA TUBUH

1. Memelihara Kebersihan Badan

Cara pertama untuk merawat anggota tubuh yang wajib kita lakukan adalah rajin memelihara kebersihan badan dengan mandi, ya teman-teman. Mandi bukan sekadar mengguyurkan air ke tubuh ya, mandi diartikan sebagai mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi.

Saat kita sedang mandi, mestinya kita harus membersihkan seluruh bagian badan dengan cara menggosok  menggunakan sabun dan membilasnya hingga bersih.

Setelah itu, kita bisa membersihkan wajah dan hidung, keramas untuk mencuci rambut.

Mandi sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari, yaitu di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan sore hari setelah selesai beraktivitas.

Saat mandi, kita bisa manfaatkan waktu untuk menggosok gigi. Menggosok gigi sendiri selain saat mandi, juga baik dilakukan setelah makan dan sebelum tidur.

Selain mandi, kita juga harus rajin-rajin mencuci tangan kita. Terlebih saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, mencuci tangan adalah salah satu hal wajib yang harus kita lakukan selain memakai masker dan menjaga jarak. 

Mencuci tangan seringkali terlupakan dan  terlewat. Padahal mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun sangat penting dilakukan untuk mencegah virus menempel pada tubuh kita. Mencuci tangan sangat dianjurkan dilakukan sebelum makan, setelah makan, dan setelah memegang benda yang kotor atau benda yang dipegang banyak orang di tempat umum.

Hal lain yang perlu dilakukan untuk memelihara kebersihan badan adalah mencuci kaki sebelum tidur. Cuci juga kaki dan tanganmu setelah pulang dari luar rumah.

Selain itu, kita juga perlu memelihara kebersihan badan dengan memakai pakaian bersih. Minimal kita bisa ganti pakaian dua kali sehari, pada pagi dan sore hari setelah mandi.

Gunakanlah selalu alas kaki ketika kita bepergian, ya teman-teman.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Beberapa bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya, antara lain 

a) Mata: 

Mata merupakan aset terpenting bagi kita. Dengan mata kita bisa melihat. membaca, mengatamati. mata harus kita jaga, dengan cara membaca di tempat yang terang atau cukup cahayanya, membaca dengan posisi duduk yang tepat, membatasi penggunaan hape yang memiliki radiasi pada mata yang tinggi,  tidak menonton tv, komputer dengan jarak yang terlalu dekat dan terlalu lama.

b) Telinga: 

Telinga sebelumnya telah rifanfajrin bahas pada artikel lainnya. Cara menjaga kesehatan telinga adalah dengan menghindari mendengarkan suara yang terlalu keras, bersihkan telinga secara teratur, jaga agar telinga tetap kering, serta rutin pergi ke dokter untuk memeriksakan telinga.

c) Hidung: 

Selalu jaga kebersihan hidung dengan membersihkannya secara teratur, menggunakan kain yang sudah dibasahi air.

d) Gigi dan Lidah: 

Gigi berfungsi untuk mengunyah, mengoyak, memotong makanan, serta menjaga agar wajah kita tetap tampan. Terbayang bukan seandainya gigi kita berlubang, keropos, bahkan ompong?

Cara mejaga kesehatan gigi adalah dengan cara menggosok gigi secara teratur, terutama setelah makan dan sebelum tidur ditambah ketika mandi. Sebisa mungkin hindari makan makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin agar gigi tidak mudah keropos dan sensitif, rajin makan buah yang baik untuk gigi misalnya apel dan pir, serta selalu mengunyah makanan sampai lembut.

3. Menjalankan Perilaku Hidup Sehat

Selain menjaga kebersihan tubuh, kita wajib menjaga kesehatan bagian-bagian tubuh kita dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat.

Hidup sehat artinya hidup yang bersih serta lingkungan rapi dan indah.

Kita harus mulai membiasakan diri menjaga kebersihan rumah tempat tinggal kita. Kita bisa melakukannya dengan menyapu, mengepel, juga mengelap meja dan jendela.

Di sekolah,  kita juga harus menjaga kebersihan dengan cara menjalankan kewajiban piket bersama membersihkan kelas.

Lalu, bersihkan taman atau kebun, yaitu mencabuti rumput liar, membuang sampah yang berserakan, dan menyapu dedaunan kering. 

Lingkungan sekitar juga harus dijaga kebersihannya dengan membuang sampah pada tempatnya, merapikan tanaman, dan menanam pepohonan.

Jangan lupa juga untuk menerapkan pola makan sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup!

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara merawat anggota tubuh kelas 1 sd, semoga bermanfaat ya teman teman.