Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PERBEDAAN HEWAN VERTEBRATA DAN AVERTEBRATA

 Rifanfajrin.com - perbedaan hewan vertebrata kelinci dan avertebrata siput kelas 5 sd tema 1 halaman 54

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas materi kelas 5 SD tentang perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata.

artikel kali ini masih berkaitan dengan artikel sebelumya, yaitu tentang identifikasi cara gerak hewan yang dapat diamati melalui video. silahkan cek artikel tersebut melalui link ini.

IDENTIFIKASI CARA GERAK HEWAN PADA VIDEO

PENGERTIAN HEWAN VERTEBRATA DAN AVERTEBRATA 

Hewan vertebrata merupakan jenis hewan yang punya tulang belakang atau biasa disebut tulang punggung. 

Sementara itu, hewan avertebrata atau invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau tulang punggung.

Kita dapat mengklasifikasikan hewan vertebrata dan invertebrata berdasarkan struktur tubuh hewan atau binatang. Secara sederhana, kita dapat menemukan ciri sebagai berikut; bahwa struktur morfologi, sistem pernafasan, sistem pencernaan dan sistem peredaraan darah hewan invertebrata lebih sederhana daripada hewan jenis vertebrata.

Organ gerak pada hewan sebenarnya memilliki kesamaan dengan ogan gerak pada manusia, dimana manusia memiliki alat gerak berupa alat gerak pasif dan alat gerak aktif. Disebut alat gerak pasif karena tidak bisa bergerak dengan sendirinya, misalnya tulang, Alat gerak aktif merupakan alat gerak yang mampu menggerakkan tulang, misalnya otot. 

PERBANDINGAN HEWAN VERTEBRATA DAN AVERTEBRATA 

Baiklah, seteleh mempelajari pengertian hewan vertebrata dan avertebrata, tibalah saatnya kita  diminta untuk menemukan perbandingannya.

Tugas untuk membandingkan organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata ini terdapat pada buku Tema 1 kelas 5 SD dan MI halaman 54. Materi terdapat pada Buku Tematik Tema 1 kelas 5 SD dan MI Edisi 2013 Kurikulum 2017 terbitan dari Kemendikbud.

Ayo mengamati

Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata. Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.

Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata.

Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Hewan vertebrata

Hal yang dibandingkan: Kelinci
kelinci



Penjelasan: memiliki tulang beakang, bergerak lincah, bergerak dengan kedua kaki, kaki belakang lebih panjang dan kuat dibandingkan dengan kaki depan.

Hewan avertebrata

Hal yang dibandingkan: Siput
siput



Penjelasan: tidak memiliki tulang belakang, bergerak lambat, bergerak degan kaki, perut berbentuk pipih dan lebar, memiliki rangka luar.

disclaimer:
1. Konten pada rifanfajrin tersebut di atas diproduksi dan bertujuan untuk membantu orang tua dalam membimbing putra putri dalam belajar, oleh sebab itu selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir

2. Jawaban yang tertulis di atas bersifat terbuka, sehingga dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi lebih banyak jawaban supaya lebih baik dan sempurna

3. Artikel yang diproduksi rifan fajrin tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban, sehingga masih perlu referensi lain.

Akhir kata

Demikianlah artikel rifanfajrin tentang perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata kelas 5 sd, semoga bermanfaat ya.