Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

IDENTIFIKASI CARA GERAK HEWAN PADA VIDEO

Rifanfajrin.com - identifikasi cara gerak hewan

Hai adik-adik, apa kabar semuanya? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Masih dalam suasana pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), maka kita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk belajar secara merdeka dan mandiri. Salah satunya dengan mengunjungi website pak guru rifanfajrin.com ini.

Pada artikel kali ini, rifanfajrin akan membahas tentang identifikasi cara gerak hewan yang merupakan jenis makhluk hidup yang bergerak. Kita ketahui bahwa semua makhluk hidup bergerak apabila menerima rangsangan yang ia terima pada seluruh atau sebagian tubuhnya. Kalian tentu memiliki hewan peliharaan di rumah, kalian dapat mengidentifikasinya dengan cara melakukan pengamatan terhadap hewan peliharaan di rumah, Amatilah bagaimana hewan tersebut bergerak.

Nah, untuk lebih mendalami bagaimana cara gerak hewan, ada baiknya bagi kalian yang duduk di bangku SD kelas 5, kita pelajari dahulu tentang kelompok hewan vertebrata dan avertebrata (invertebrata). 

Pengertian hewan vertebrata dan avertebrata

Hewan vertebrata merupakan jenis hewan yang punya tulang belakang atau biasa disebut tulang punggung. 

pengertian hewan avertebrata
ikan hiu termasuk hewan bertulang belakang


Sementara itu, hewan avertebrata atau invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau tulang punggung.

contoh hewan avertebrata
ubur ubur merupakan contoh hewan avertebrata


Kita dapat mengklasifikasikan hewan vertebrata dan invertebrata berdasarkan struktur tubuh hewan atau binatang. Secara sederhana, kita dapat menemukan ciri sebagai berikut; bahwa struktur morfologi, sistem pernafasan, sistem pencernaan dan sistem peredaraan darah hewan invertebrata lebih sederhana daripada hewan jenis vertebrata.

Organ gerak pada hewan sebenarnya memilliki kesamaan dengan ogan gerak pada manusia, dimana manusia memiliki alat gerak berupa alat gerak pasif dan alat gerak aktif. Disebut alat gerak pasif karena tidak bisa bergerak dengan sendirinya, misalnya tulang, Alat gerak aktif merupakan alat gerak yang mampu menggerakkan tulang, misalnya otot. 

Mari indentifikasi cara gerak hewan

Ada sebuah video yang menarik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi cara gerak hewan. mari kita lihat bersama tayangan berikut ini.



Bagaimana, sudah kalian tonton? Menarik bukan? Yuk kita mulai melakukan identifikasi cara gerak hewan. Kalian dapat menjawab beberapa pertanyaan sederhana berikut ini yang jawabannya bisa kalian temukan pada video.

misalnya:

  1. berdasarkan struktur tubuhnya hewan dibagi menjadi dua kelompok besar sebutkan dan jelaskan dua kelompok hewan berdasarkan keberadaan tulang belakang
  2. Berdasarkan struktur tubuhnya hewan dibagi menjad 2 kelompok besar. Apa saja 2 kelompok hewan berdasarkan keberadaan tulang belakang?
  3. Apa saja contoh hewan-hewan berdasarkan kelompok hewan tersebut!

Contoh Hewan Vertebrata dan Avertebrata dan Cara Geraknya

Hewan Vertebrata

Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Tulang belakang adalah ruas-ruas tulang yang berderet panjang punggung mulai dari leher hingga ekor. Pada tulang belakang memiliki fungsi untuk penyokong tubuh dan melindungi sistem saraf.

Contoh hewan vertebrata dan cara geraknya, 

yakni :
  1. Ikan hiu bergerak berenang dengan sirip
  2. Ikan pari bergerak berenang dengan sirip
  3. Ikan cucut bergerak berenang dengan sirip
  4. Katak bergerak melompat dengan kaki
  5. Buaya bergerak berjalan dengan kaki
  6. Penyu bergerak berenang dan berjalan dengan kaki dan perut
  7. Ayam bergerak berjalan atau berlari dengan kaki
  8. Burung beo bergerang terbang dengan sayap
  9. Kekelawar bergerak terbang dengan sayap
  10. Singa bergerak berjalan dan berlari dengan kaki
  11. Kuda bergerak berjalan dan berlari dengan kaki
  12. Kanguru bergerak melompat dengan kaki
  13. Kelinci bergerak, berlari dan melompat dengan kaki

Hewan Avertebrata

Hewan Abertebrata atau disebut juga Invertebrata adalah hewan yang termasuk ke dalam jenis hewan yang tidak memiliki tulang punggung antar ruas ruas tulang belakang.
Avertebrata mencakup semua hewan kecil kecuali hewan vertebrata

Contoh hewan invertebrata dan cara geraknya,

 yaitu:

  1. Laba-laba bergerak dengan kaki
  2. Bintang laut bergerak dengan kaki-kai tabung
  3. Udang bergerak dengan kaki
  4. Ubur-ubur bergerak dengan tentakel
  5. Gurita bergerak dengan tentakel
  6. Lintah bergerak dengan otor perut
  7. Siput bergerak dengan otot perut

Akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin untuk mengulas amati dan identifikasi cara gerak hewan yang ada pada video, dan menjawab pertanyaan penting : berdasarkan struktur tubuhnya hewan dibagi menjadi dua kelompok besar sebutkan dan jelaskan dua kelompok hewan berdasarkan keberadaan tulang belakang, semoga bermanfaat ya teman teman.