Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CIRI-CIRI IKAN SEBAGAI MAKHLUK HIDUP

Rifanfajrin.com - Ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup, Materi Tema 1 Kelas 3 SD hal.4 subtema 1 pembelajaran 1

Assalamualaikum teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya sehingga dapat melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah dengan lancar, baik pembelajaran secara daring atau melalui pembelajaran tatap muka terbatas ya.

Baiklah pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas Tema 1 kelas 3 SD MI halaman 4 Subtema 1 Pembelajaran 1, tentang ciri-ciri ikan.

Sebelum kalian menuliskan ciri-ciri ikan ini, ada baiknya kalian pelajari kembali ciri-ciri makhluk hidup yang telah rifanfajrin tulis sebelumnya ya, yaitu tentang makhluk hidup pada Tema 1 kelas 3 SD halaman 4.

Ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup

Ikan merupakan hewan yang sering kita jumpai.  Ikan biasa dijadikan sebagai peliharaan ikan hias atau bahkan dikonsumsi sebagai sumber protein hewani yang baik. Kandungan ikan sangat kaya manfaat sebab selain berprotein tinggi juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ikan sendiri termasuk jenis hewan vertebrata atau bertulang belakang. Ikan juga digolongkan dalam jenis hewan berdarah dingin / poikilotermik. Hewan berdarah dingin adalah hewan yang suhu tubuhnya dipengaruhi lingkungan tempat tinggalnya.

Ikan memiliki ragam spesies terbanyak diantara hewan lainnya, yaitu lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Ikan  yang paling besar adalah paus hiu yang berukuran 14 meter, sedangkan yang paling kecil adalah stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm.

Nah, setelah menyimak uraian singkat di atas, maka kalian sekarang tahu bukan tentang  ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup?  Sebelum ke pembahasan ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup, ada baiknya baiknya teman-teman mengerjakannya sendiri terlebih dahulu. Mintalah bantuan orang tua untuk mengoreksi jawaban kalian. Setelah itu teman teman bisa memastikan jawaban dengan melihat pembahasan di bawah ini.

PEMBAHASAN:

Materi tentang ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup ini terdapat pada Buku Tematik Tema 1 kelas 1 SD dan MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan dari Kemendikbud. 

Soal :

Tuliskan Ciri-Ciri Ikan Sebagai Makhluk Hidup untuk Materi Tema 1 Kelas 3 SD dan MI Halaman 4 Subtema 1 (Tuliskan ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui!)

jawaban:

Materi Tema 1 Kelas 3 SD MI Halaman 4 Subtema 1 Pembelajaran 1


1. Ikan bergerak dengan cara berenang

Ikan dapat berenang di air menggunakan sirip. Sedangkan ekornya berfungsi untuk membelokkan arah saat berenang.  Makanan ikan antara lain Jentik Nyamuk yang merupakan makanan alami ikan,  kemudian kutu air (merupakan makanan ikan hias, mengandung protein untuk mencerahkan warna ikan hias), Cacing Sutra, dan Artemia

2. Memiliki Struktur Tubuh Kepala Badan Ekor 

StrukturtTubuh ikan terdiri аtаѕ kepala, badan, dan ekor. Biasanya tubuh ikan tertutup kulit yang bersisik dan berlendir. Sisik ikan tersusun dari zat kapur.

3. Memiliki sistem Pencernaan

Sistem pencernaan ikan sangat lengkap, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. 

Alat ekskrsi adalah ginjal bertipe pronefron atau mesonefron.

Sistem koordinasinya ikan antara lain sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) serta sistem hormon. Ikan memiliki alat indra mata, telinga dalam, pembau, dan gurat sisi yang terdapat dі ѕераnјаng sisi tubuhnya, Gurat sisi ini berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air.

4. Berdarah dingin

Ikan dikategorikan organisme berdarah dingin / poikiloterm. Sehingga suhu tubuh ikan dipengaruhi oleh lingkungan tempatnya tinggalnya. Suhu tubuh bagian dalam ikan cenderung lebih tinggi daripada  dengan suhu tubuh luar.

5. Ikan bernafas dengan insang

Ikan bernafas dengan insang. Insang merupakan alat pernapasan yang terdapat pada banyak organisme air, Insang berfungsi untuk mengeksrtak oksigen yang larut dalam air dan mengeluarkan karbon dioksida.

Tiap lembaran insang memiliki sepasang filamen yang mengandung lamela (lapisan tipis). filamen terdapat pembuluh darah yang mengandung kapiler, yang mana memungkinkan terjadinya pertukaran gas O2 dan CO2.

6. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur

Ikan dapat bersifat bersifat ovipar, ovovivipar, atau vivipar. Fertilisasi ikan dapat terjadi di luar tubuh atau (secara eksternal) atau di dalam tubuh (secara internal). Alat reproduksi pada ikan dapat terpisah atau dapat bersifat hemaprodit.

Akhir kata

Demikianlah pembahasan materi tema 1 kelas 3 sd halaman 4 sub teman 1 pembelajaran 1 tentang ciri ciri ikan sebagai makhluk hidup. semoga bermanfaat ya.