Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

LK 2.1 Unggah Hasil Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi PPG SD 2021

LK 2.1 Unggah Hasil Identifikasi Masalah dan Rencana Aksi PPG SD 2021


Berikut ini adalah unggahan saya sebagai hasil identifikasi masalah dan rencana aksi dalam pembelajaran.

Identifikasi masalah dan rencana aksi ini disusun untuk memenuhi tugas Perancangan Pembelajaran, Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Guru SD tahun 2021.






Selama 3 hari, sejak hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 sampai hari Senin tanggal 14 Juni 2021, kami melakukan perancangan pembelajaran.

Kami harus mengumpulkan data observasi, melakukan identifikasi masalah, merumuskan masalah, dan merencanakan aksi atau solusi. Itu semua dirangkum dalam sebuah tabel LK atau lembar kerja 2.1 format identifikasi masalah.

Saya mengumpulkan 5 data hasil observasi untuk 3 mata pelajaran, yaitu PPKN, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

Untuk PPKN saya mengangkat persoalan tentang pengamalan sila-sila Pancasila. Untuk matematika, saya mengangkat persoalan tentang penjumlahan bersusun dengan menyimpan, pengurangan dengan meminjam, dan perkalian bersusun dua bilangan dua angka. Sedangkan untuk bahasa Indonesia saya mengangkat permasalahan pembelajaran pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

Untuk identifikasi masalah sebenarnya saya lebih menitikberatkan pada kelemahan guru dalam menyampaikan materi, kurang variatif nya pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan, baru pada kelemahan yang ada pada siswa.

Untuk rencana aksi atau solusi, saya mencoba menggunakan pendekatan CTL contextual teaching and learning, penggunaan alat peraga kantong nilai plastik transparan, pembelajaran dengan metode jarimatika, penggunaan peta konsep pembelajaran, dan menerapkan model pembelajaran picture and picture.