Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lembar Kerja (LK) Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG SD Tahun 2021

Lembar Kerja (LK) Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG SD Tahun 2021



Apa Lesson learn yang Anda peroleh selama kegiatan penyusunan materi ajar ini?
Apa yang menjadi kesulitan dalam melakukan penyusunan materi ajar pada modul ini?
Menurut Anda, bagaimana tingkat kebermanfaatan kegiatan yang dilakukan dalam menunjang tugas Anda sebagai guru?
Pada bagian proses pembelajaran mana, yang menurut Anda menarik?

Lesson Learn yang saya peroleh selama kegiatan penyusunan materi ajar:

  1. Kegiatan penyusunan materi ajar ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya. Saya merasa, baru kali ini saya mencoba membuat bahan ajar secara lebih serius untuk siswa. Dan ternyata membuat materi ajar untuk siswa itu tidak mudah!
  2. Melalui kegiatan ini, saya mendapatkan tambahan pengetahuan bagaimana membuat bahan ajar dengan baik dan lebih tertata sitematis.

Kesulitan yang saya alami dalam penyusunan materi ajar:

  1. Saya merasa kesulitan mencari sumber-sumber pembelajaran. Daftar pustaka dalam bahan ajar yang saya susun, jumlahnya sedikit sekali. 
  2. Bagi saya yang kurang/tidak berpengalaman menyusun bahan/materi ajar, waktu setengah hari (12 jam) untuk membuat materi ajar ternyata tidak cukup. Saya bingung hendak mulai dari mana.
  3. Saya terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bertanya kepada diri sendiri, "Kalau seperti ini, bahan ajar saya bisa diterima atau tidak ya? Apakah bahan ajar saya sudah memenuhi syarat? Apakah bahan ajar seperti ini sudah cukup bagus?"

Tingkat kebermanfaatan kegiatan dalam menunjang tugas saya sebagai guru:

  1. Kegiatan penyusunan materi ajar hari sangat-sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru.
  2. Dengan presentasi bahan ajar yang disusun, dan kemudian mendapatkan komentar penilaian dan masukan dari dosen dan teman sejawat, akan membuat kita menjadi lebih baik lagi dalam menyusun bahan ajar selanjutnya.

Bagian Proses Pembelajaran yang Menarik

Prose pembelajaran yang paling menarik dalam kegiatan penyusunan materi ajar, tentu saja pada saat praktik membuat bahan ajar. Kami harus berkejaran dengan waktu, dalam waktu yang relatif singkat bagi kami harus menyelesaikan bahan ajar yang bagus untuk pembelajaran siswa. 

Selanjutnya, setelah berhasil membuat sebuah bahan ajar, saya menyadari begini: "Bahan ajar yang saya buat hari ini 'HANYA' bahan ajar untuk 1 PB (pembelajaran satu hari). Maka bayangkan, berapa PB pembelajaran dalam satu tahun ajaran? Dan berapa banyak bahan ajar yang harus kita siapkan?" 

Namun saya yakin dan berharap, semoga ke depannya kami bisa benar-benar menjadi guru yang berkualitas, yang profesional, dan benar-benar layak menyandang predikat "Seorang Guru".