Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA CEK KEKUATAN SINYAL TV DIGITAL

 rifanfajrin.com - cara cek kekuatan sinyal tv digital di wilayah anda

Pada artikel sebelumnya telah kami ulas tentang harga set top box DVB T2 untuk menerima siaran televisi digital.

Pada artikel kali ini Rifan Fajrin akan membagikan cara bagaimana mengecek kekuatan sinyal untuk menerima siaran televisi digital di wilayah anda. 

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah sedang menggalakkan program digital televisi untuk menggantikan televisi analog. Rencananya pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang akan dilaksanakan pemadaman televisi analog tahap 1 atau yang kita kenal dengan istilah analog switch off.

Nah oleh sebab itu maka pemerintah juga dituntut untuk meningkatkan kualitas pemancar supaya dapat diterima dengan baik di wilayah-wilayah yang selama ini sulit menerima sinyal televisi menggunakan set top box DVB T2. 

BACA JUGA: HARGA SET TOP BOX DVB T2

Bagi Anda yang ingin membeli set top box DVB T2, ada baiknya anda mulai mengecek terlebih dahulu kualitas sinyal di wilayah anda. 

Aplikasi sinyal tv digital

Saya menggunakan aplikasi yang saya unduh di Google play store, namanya "sinyal tv digital".
Aplikasi ini mendapatkan rating cukup bagus oleh pengguna aplikasi. Terbukti aplikasi ini telah diunduh ribuan kali. Setelah mengunduh aplikasi ini anda wajib menyalakan lokasi pada ponsel Anda. Tujuannya supaya aplikasi ini dapat mendeteksi wilayah di mana anda berada. Setelah anda menjalankan aplikasi tersebut, maka tampilan layar akan menunjukkan di mana titik lokasi anda saat ini kemudian aplikasi secara otomatis akan menampilkan jarak pemancar terdekat. 
Setelah itu aplikasi juga otomatis menampilkan kekuatan sinyal beberapa mux televisi yang tersedia di wilayah anda.

berikut merupakan contoh tampilan aplikasi sinyal tv digital:


Pada gambar tersebut di atas, saya mengukur kekuatan sinyal penerimaan MUX Indosiar pada wilayah kabupaten Semarang diukur dari pemancar gombel Semarang. pada gambar terlihat bahwa penerimaan sinyal MUX Indosiar sebut ditunjukkan dengan posisi yang lemah. Namun bukan berarti wilayah saya tidak dapat menerima siaran tersebut. Siaran tersebut tetap dapat diterima, tetapi dalam posisi yang lemah sehingga kurang stabil. saya kemudian manusia satunya dengan cara menurunkan resolusi pada set top box DVB T2 saya, kemudian saya juga menambahkan amplifier penguat sinyal untuk menerima siaran digital yang lebih baik. Hasilnya tampak seperti gambar berikut:


akhir kata

Demikian ulasan rifan Fajrin tentang cara cek kekuatan sinyal TV digital. Semoga ulasan ini membantu.