HARGA SET TOP BOX TV DIGITAL

 Rifanfajrin.com - HARGA SET TOP BOX TV DIGITAL

Hai teman-teman apa kabar semuanya, kali ini rifan Fajrin akan mengulas tentang dunia pertelevisian. salah satu topik yang hangat diperbincangkan selama 1 tahun terakhir adalah tentang analog switch off (ASO) yang diikuti dengan peralihan menuju era digital televisi.



ANALOG SWITCH OFF

Nampaknya pemerintah serius untuk melakukan percepatan peralihan teknologi digital tersebut.  Hal ini dibuktikan dengan rencana pemerintah untuk melaksanakan ASO tahap pertama dimulai pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti. Dijadwalkan peralihan yang yang rencananya dilaksanakan sebanyak 5 tahap tersebut akan rampung pada 2 November 2020 mendatang. 

artinya sejak tanggal 17 Agustus nanti pengguna TV analog di wilayah tertentu Tidak akan bisa menerima atau menyaksikan siaran analog. Mereka harus menggunakan televisi digital atau menambahkan alat tertentu berupa set top box DVB T2 sebagai penerima sinyal teresterial yang bersifat digital.

APA ITU SET TOP BOX DVB T2?


Set top box atau dalam bahasa lainnya adalah decoder, merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengatur saluran televisi yang diterima kemudian dipilih sesuai dengan selera. Menghasilkan keluaran berupa gambar dan suara. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa set top box DVB T2 merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal digital kemudian transliterasikan menjadi sebuah tampilan digital pada televisi. jadi apabila televisi yang kita miliki di rumah saat ini belum support fitur DVB T2 dapat menambahkan alat set top box DVB T2 tersebut.

KELEBIHAN MENGGUNAKAN TV DIGITAL

elebihan menggunakan alat ini adalah gratis selamanya dan tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan. Selain itu hasil yang didapatkan lebih jernih tanpa semut dan tanpa berbayang, syaratnya adalah wilayah Anda harus sudah terjangkau sinyal digital. 


Selain itu Anda masih bisa menggunakan antena TV UHF yang anda miliki saat ini tanpa harus membeli alat lain. Antena TV UHF masih dapat menjangkau frekuensi siaran digital. jadi anda tidak perlu antena khusus untuk menangkap siaran televisi digital.

Jika wilayah Anda termasuk dalam wilayah range signal lemah, Anda bisa menggunakan antena outdoor dengan ditambah amplifier sebagai penguat sinyal.

CARA MENGGUNAKAN STB DVB T2

  • 1. Gunakan televisi yang sudah menggunakan fitur DVB T2, atau pakai TV analog dengan tambahan perangkat DVB T2 yang sudah dihubungkan.
  • 2. Nyalakan televisi lalu kemudian pilih source/ input yang sesuai (AV, komponen, atau hdmi)
  • 3. Tekan tombol menu pada STB DVB T2 lalu mulai melakukan pencarian saluran dan pencarian otomatis
  • 4. tunggu beberapa saat sampai berangkat berhasil mendapatkan dan menangkap sinyal televisi dan menyimpan siaran
  • 5. Setelah selesai klik ok dan simpan

  • *Mungkin ada perbedaan tahapan pada beberapa set top box yang berbeda

HARGA SET TOP BOX DVB T2

Terdapat beberapa merek dan varian set top box DVB T2 dengan harga yang bervariasi. Harga soto pak cukup murah antara rp195.000 hingga rp500.000. 

Saya sendiri menggunakan set top box DVB T2 matrix Garuda Apple yang harganya cukup terjangkau namun cukup memuaskan. Harganya dibandrol pada kisaran rp195.000 hingga rp300.000. set top box tersebut dapat anda dapatkan di beberapa marketplace atau toko toko elektronik terdekat.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifan Fajrin tentang harga set top box DVB T2 untuk menangkap siaran televisi digital. Bagaimana sobat, tertarik menggunakan alat ini?
close