Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENGHILANGKAN SAKIT PERUT KARENA MASUK ANGIN

rifanfajrin.com - cara menghilangkan sakit perut karena masuk angin
sakit perut sangat menyiksa

Bagi kalian yang sedang mencari artikel tentang cara menghilangkan sakit perut saat sakit, atau cara menghilangkan rasa mual saat masuk angin, bisa mencermati ulasan Rifan Fajrin berikut ini.

BACA JUGA: cara menghilangkan rasa mual karena masuk angin

Sakit perut saat saat sakit biasanya disertai dengan rasa mual. Tentu keadaan tersebut sangat menggangu kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. 

Beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit perut saat sakit yang efektif diantaranya.

1. Perhatikan asupan makanan Anda

Asupan makanan harus dijaga saat sakit perut ketika sakit. Jangan sampai justru makanan yang dikonsumsi malah meningkatkan asam lambung penyebab sakit perut. Itu hindari makanan seperti kacang-kacangan, kol, bawang, brokoli, kembang kol, dan makanan-makanan yang menggunakan gandum utuh. Sebab akan meningkatkan kadar gas pada lambung.

2. Tidak makan makanan berlemak

Makanan berlemak dapat menyebabkan berat badan meningkat secara drastis namun memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. karena susah dicerna maka akan berada di dalam lambung dalam waktu yang lama, akibatnya produksi gas di lambung akan meningkat. Itu oleh sebab itu, salah satu cara menghilangkan sakit perut saat sakit adalah menghindari makanan berlemak. 

3. Hindari makanan berserat yang mengandung banyak gas

Makanan berserat memang sangat baik bagi tubuh, namun ada kalanya untuk menghindari makanan berserat tinggi yang mengandung hanya untuk menghilangkan sakit perut ketika sakit. Kurangi secara perlahan makanan berserat tinggi tersebut sampai sakit perut mereda. kemudian perlahan mulai menambah serat dalam menu harian setelah sembuh.

4. Tidak menunda buang air 

Saat melakukan buang air besar maka pergerakan usus besar akan lebih cepat terjadi. Dengan demikian maka gas di dalam lambung akan lebih cepat keluar sehingga sakit perut akan mulai berkurang dan menghilang. Jangan tunda buang air saat sudah terasa. Selain buang air besar, bersendawa dan kentut diklaim dapat mengurangi dan menghilangkan sakit perut. Karena kelebihan gas dalam tubuh akan keluar. Padahal kelebihan gas dalam tubuh tersebut merupakan salah satu penyebab perut kembung yang paling umum.

5. Mengompres area perut dengan handuk hangat

Area perut akan terasa nyaman ketika di kompres dengan bantal pemanas. apabila tidak ada bisa melakukannya dengan mengompres menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Cara ini dapat membuat otot-otot saluran pencernaan menjadi lebih rileks sehingga membantu menghilangkan sakit perut saat sakit dan tidak nyaman akibat kembung.

6. Konsumsi probiotik, rempah rempah, dan teh

probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat bagi saluran pencernaan. Probiotik dapat kita dapatkan dengan membeli minuman yoghurt. Probiotik mengandung bakteri yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan.

Adapun mengkonsumsi ramuan rempah-rempah seperti jahe, jintan, dan daun basil merupakan bahan-bahan yang mampu meredakan perut kembung.

Sedangkan teh yang dicampur dengan paper mint, jahe, merupakan bahan yang mampu mengurangi penumpukan gas pada lambung.

7. Berolahraga dan melatih pernafasan

Olahraga ringan merupakan salah satu cara menghilangkan sakit perut saat sakit. Aktivitas fisik yang ringan akan mengurangi penumpukan gas pada lambung. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu berjalan dengan santai, yang akan membuat perut menjadi lebih rileks sehingga gas di dalam lambung dapat lebih mudah keluar. Selain itu bisa juga melakukan latihan pernafasan dengan menarik nafas dalam-dalam. memijat perut selama 15 menit sebanyak 2 kali sehari secara perlahan juga dapat menghilangkan sakit perut. Jangan lakukan ini ketika sedang hamil.

8. Hindari kebiasaan bicara saat makan

Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan perut kembung. Karena ketika berbicara saat makan menyebabkan terlalu banyak udara yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan asin/banyak garam. sodium yang ada dalam garam mengakibatkan tubuh akan menahan cairan secara berlebihan.

Akhir kata

Demikian artikel Rifan Fajrin tentang cara menghilangkan sakit perut saat sakit yang dapat anda lakukan di rumah.

Baca juga: CARA MENGHILANGKAN RASA PAHIT DI MULUT

Namun apabila keluhan sakit perut tidak kunjung mereda Anda bisa segera periksa ke dokter. Semoga bermanfaat.