Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENGHILANGKAN RASA PAHIT DI MULUT

rifanfajrin.com - CARA MENGHILANGKAN RASA PAHIT DI MULUT
mulut pahit ketika sakit

Jika anda mengalami masalah rasa pahit di mulut, artikel rifanfajrin kali ini mengulas cara menghilangkan rasa pahit di mulut, cara mengatasi mulut pahit, cara menghilangkan lidah pahit, cara mengatasi mulut pahit dan mual.

Rasa pahit di mulut terjadi ketika badan sedang sakit. rasa pahit di mulut bisa menyebabkan penderita kehilangan nafsu makan. Rasa pahit di mulut biasanya disebabkan karena pilek, radang tenggorokan, atau flu. Jika mengalami gangguan indra perasa ini jangan disepelekan. 

Sebab rasa pahit pada mulut berkaitan langsung pada penurunan daya tahan tubuh. Penyebabnya adalah, saat terjadi infeksi kuman atau muncul radang maka tubuh mengeluarkan protein sitokin dari sistem imun, kondisi ini disebut tumour necrosis factor (TNF).

Terlepasnya protein TNF akan meningkatkan kepekaan rasa tetapi justru mulut menjadi terasa lebih pahit pada saat sakit. 

BACA JUGA:

PENYEBAB RASA PAHIT DI MULUT

Rasa pahit di mulut disebabkan karena penyakit meskipun itu bukan faktor satu-satunya. Ada faktor-faktor lain yang menyebabkan mulut terasa pahit di antaranya, 

  1. Mulut kering
  2. Masalah pada gigi
  3. Perubahan hormon ketika hamil
  4. Menopause
  5. Asam lambung naik
  6. Sariawan
  7. Stres
  8. Kecemasan yang berlebihan
  9. Gangguan pada saraf
  10. Efek samping karena konsumsi obat dan suplemen tertentu

Bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut

Langkah yang bisa dilakukan ketika mulut terasa pahit diantaranya:

1. Minum air putih yang cukup

Telah banyak penelitian yang menyebutkan pentingnya minum air putih. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup terutama pada saat sakit dapat mengatasi dehidrasi dan kekurangan cairan yang menyebabkan rasa pahit di mulut. minumlah air putih setidaknya 6 sampai 18 hari untuk mengatasi rasa pahit di mulut.

2. Berhenti merokok

Merkokok juga dapat memicu rasa pahit pada mulut terutama ketika sakit.  Jika anda adalah seorang perokok dan mengalami rasa pahit di mulut,  maka berhenti merokok adalah langkah yang tepat untuk mengatasi rasa pahit pada mulut tersebut. Selain itu berhenti merokok dapat menjaga kesehatan supaya lebih bugar dan prima. Selain itu dapat mencegah penyakit penyakit kronis seperti jantung, stroke dan kanker.

3. Membersihkan mulut dengan teratur

Mengatasi mulut pahit pada saat sakit bisa juga diatasi dengan membersihkan mulut dengan benar. Gosoklah gigi dengan teratur setelah makan dan sebelum tidur, membersihkan sela-sela gigi dan lidah, berkumur menggunakan obat kumur atau jika tidak ada gunakan larutan air garam. Kebersihan mulut dan Gigi sangat penting untuk mencegah mulut terasa pahit. sebaliknya apabila kebersihan mulut tidak dijaga maka akan memper buruk kondisi mulut saat sakit yaitu mulut terasa semakin pahit

4. Mengunyah permen karet bebas gula

Permen karet bebas gula juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa pahit di mulut. mengunyah permen karet berfungsi merangsang produksi air liur sehingga mulut akan senantiasa basah. Pilih permen karet bebas gula supaya kadar gula dalam darah tetap terjaga dan tentunya menjaga kesehatan gigi.

5. Mencegah naiknya asam lambung

Gastroesophageal reflux disease atau penyakit asam lambung juga bisa menjadi penyebab mulut terasa pahit. Asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan akan menyebabkan mulut terasa pahit. usahakan untuk mengubah pola makan dan mulai gaya hidup sehat. Jaga asupan makanan yang menyebabkan naiknya asam lambung seperti makanan pedas, makanan asam, kopi, teh, dan minuman berkafein. Hindari makan berlebihan, dan jangan tidur setelah makan.

Akhir kata

Kita patut khawatir ketika mengalami masalah mulut terasa pahit. Jika langkah-langkah diatas tidak membantu mengurangi rasa pahit pada mulut, baiknya segera konsultasi ke dokter