Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 MACAM ALAT PENGUKUR SUHU

 Rifanfajrin.com - alat pengukur suhu

Kesehatan merupakan sesuatu yang amat berharga bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu kesehatan harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. 

Salah satu tanda tubuh kita sedang tidak sehat, adalah naiknya suhu tubuh. jika suhu tubuh tinggi, maka keadaan tubuh sedang tidak normal. 

Sebagai contoh, dalam beberapa bulan terakhir, dunia disibukkan dengan serangan virus corona yang mana cara mendeteksi bahwa tubuh kita terinveksi virus adalah naiknya suhu tubuh lebih dari 37.4 derajad celcius. Alat yang digunakan untuk mendeteksinya biasanya yang digunakan adalah thermogun.

Alat ini efektif digunakan, sebagai dalam waktu yang singkat hanya beberapa detik, maka hasil yang didapatkan cenderung akurat. oleh sebab itu, di berbagai event kegiatan maupun kerumunan seperti mall, petugas keamanan adalah orang yang dibekali dengan thermogun untuk melakukan screening awal terhadap para pengunjung untuk mengantisipasi penyebaran virus.

Jenis jenis alat pengukur suhu

Alat pengukur suhu biasa disebut Termometer, yaitu suatu alat yang berfungsi mengukur suhu atau temperatur. untuk keperluan medis, (dan akhir akhir ini pada masa pandemi covid-19), termometer biasanya digunakan untuk memeriksa suhu tubuh manusia.

Terdapat beberapa jenis alat pengukur suhu. rifanfajrin.com akan merangkum alat pengukur suhu tersebut.

1. THERMOGUN

Thermogun sebagaimana disinggung pada awal artikel, merupakan benda yang banyak dicari dan digunakan untuk melakukan screening awal pada pengunjung /tamu di berbagai tempat. thermogun digunakan dengan cara "ditembakkan" - seperti orang menembak sehingga disebut sebagai thermometer tembak. 
thermogun dapat mengukur temperatur atau suhu tanpa harus bersentuhan secara langsung dengan obyek yang akan diukur suhunya. thermogun mendeteksi temperatur secara optik selama objek diamati, menggunakan radiasi energi sinar inframerah diukur, dan disajikan sebagai suhu.

alat pengukur suhu



Cara penggunaannya adalah ditembakkan ke arah tubuh yang akan diukur suhunya, biasanya pada dahi atau pada pergelangan tangan anak kecil. termogun akan akan membaca suhu secara cepat. Jangan khawatir, meskipun thermogun bekerja dengan teknologi inframerah, tetapi thermogun aman dan tidak mengganggu syarat dan otak manusia. menurut para ahli, penggunaan thermogun pada dahi lebih akurat.

2. thermometer digital

alat pengukur suhu


Termometer digital merupakan termometer yang paling populer digunakan masyarakat. hal ini dikarenakan thermometer digital dapat memberikan hasil yang akurat dalam melakukan pengukuran suhu. termometer digital menggunakan teknologi sensor digital dan liquid crystal display (LCD) untuk menunjukkan hasil pengukuran suhu berupa angka. Termometer ini biasa digunakan untuk mengukur suhu badan manusia, dan digunakan di laboratorium.

Termometer digital sangat membantu sebagai alat pengukur suhu tubuh, sebab hasilnya dapat dibaca dalam waktu cepat dan berupa angka yang pasti.

cara penggunaannya Untuk dewasa, dapat digunakan dengan mengulum ujung termometer menggunakan mulut (dengan cara meletakkan ujung sensornya di bawah lidah dengan bibir tertutup). termometer digital juga dapat digunakan dengan cara menghimpitnya pada bawah lengan ketiak manusia. tunggulah beberapa saat hingga sensor berbunyi  "tiiit", artinya hasil ukur suhu tubuh telah tertulis di layar termometer tersebut.

penggunaan untuk bayi, biasanya termometer digital digunakan melalui anus (dubur). jadi termometer harus dicuci bersih sebelum dan sesudah digunakan. cara mencucinya bisa menggunakan ntiseptik dan bilas dengan air dingin. setelah itu keringkan dengan lap bersih, atau basahi ujung termometer dengan pelumas, seperti petroleum jelly.

3. Termometer air raksa atau mercury


Termometer air raksa adalah alat pengukur suhu tubuh yang digunakan secara manual. alat ini  menggunakan air raksa atau zat merkuri. termometer jenis ini berbentuk tabung gelas berisi air raksa di dalamnya. 
alat pengukur suhu


cara penggunaannya dapat dilakukan dengan  meletakkannya di bawah lidah untuk mengukur suhu tubuh. nantinya akan terlihat air raksa yang berada dalam tabung gelas akan naik ke ruang kosong dalam tabung kemudian bacalah titik angka penanda suhu yang tertera pada alat. Air raksa yang naik akan berhenti pada angka yang menunjukkan suhu tubuh.

alat pengukur suhu tubuh manual jenis air raksa sudah mulai jarang digunakan, bahkan dilarang. Hal ini dikarenakan bahaya paparan merkuri air raksa ke dalam tubuh tubuh. sebab, alat ini diletakkan di lidah, maka risiko paparan merkuri menjadi lebih tinggi, itulah sebabnya alat ini mulai dilarang digunakan.

4. Termometer dot untuk bayi

Termometer dot bentuknya mirip seperti empeng atau dot. Termometer jenis ini memang dirancang khusus untuk bayi atau anak usia balita. cara penggunaan termometer dot dengan cara dimasukkan ke dalam mulut bayi selama beberapa saat, seperti saat bayi sedang mengempeng.
termometer dot


Termometer ini kurang direkomendasikan, sebab hasilnya tidak terlalu akurat, mengingat tidak semua bayi suka mengempeng. selain itu, gerakan aktif bayi dinilai dapat menyebabkan pengukuran yang dihasilkan tidak akurat.

5. termometer telinga

termometer jenis ini digunakan dengan cara meletakkannya di lubang telinga. alat ini menggunakan teknologi sinar inframerah yang akan membaca panas di dalam telinga.
termometer telinga


Pastikan ketika menggunakan, alat harus diletakkan lubang telinga dengan benar, tidak terlalu dalam dan tidak terlalu jauh.  Tempatkan sensor inframerah tepat di permukaan lubang telinga dan hasilnya akan muncul di layar alat.

akhir kata

demikian artikel tentang alat pengukur suhu, semoga bermanfaat.