Mencari Informasi dalam Teks Paragraf (Belajar di Rumah Saja)

Hari ini, Senin 23 Maret 2020, adalah hari ke-7 kita belajar di rumah.

Sebagai pembelajaran hari ini, saya mengajak anak-anak untuk belajar mencari informasi yang ada di dalam teks paragraf.

baca Juga: Tugas Proyek Selama belajar di rumah (Membuat Origami Baju)

[Belajar di rumah saja - Mencari informasi di dalam paragraf teks]


Akan tetapi sebelum saya masuk ke materi pembelajaran, saya ingin menyampaikan beberapa point penting. Poin-poin tersebut saya dapatkan setelah menonton Video Vlog Pak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, yang berjudul "Social Distancing, Dipahami Tapi Belum (Semuanya) Melakukan".

Adapun point-point yang saya maksud tersebut adalah yang berkaitan dengan pemberian tugas dari guru kepada siswa selama belajar di rumah. Pada intinya, guru diimbau untuk TIDAK memberikan tugas yang terlalu berat, bahkan terlalu menumpuk, yang justru akan membuat siswa-siswi merasa stress dan tertekan.

Sebaliknya, Pak Ganjar menyarankan kepada guru, (bisa kita lihat mulai menit ke-11 di video tersebut), untuk memberikan tugas-tugas yang "ringan" saja. Antara lain:

1. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan lingkungan


Apakah siswa sudah rajin menjaga kebersihan diri selama berada di rumah? Sudahkan menerapkan pola hidup sehat dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun?

Selain menjaga kesehatan dan kebersihan diri tersebut, siswa juga ditanya apakah mereka sudah membantu orang tua selama di rumah? Membantu menyapu, mengepel, dan mencuci piring, misalnya.

2. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi


Setelah menjaga kebersihan diri dan lingkungan, penting juga bagi siswa untuk ditanya: apakah mereka sudah mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat? Sayur apa yang dimakan hari ini? Apakah hari ini sudah makan buah?

Makanan yang sehat berkhasiat bagi tubuh kita untuk menguatkan kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.

3. Berolahraga secara rutin dan teratur

Menjaga kebersihan sudah. Makan dan minum yang sehat sudah. Yang ketiga adalah berolahraga secara teratur agar badan tetap bugar dan sehat.

Berolahraga bisa dilakukan di rumah saja. Kita bisa gunakan alat-alat olahraga yang kita miliki. Hindari dulu olahraga yang hanya bisa dilakukan secara bersama-sama.

Kalau di rumah kita tidak ada alat olahraga, kita bisa menggantinya dengan aktivitas menyapu dan mengepel yang bisa juga mendatangkan keringat.

Setelah berolahraga, kita dianjurkan untuk banyak minum air putih. Satu lagi, kita disarankan juga untuk sering berjemur di bawah sinar matahari pagi agar badan tetap sehat dan kuat.

4. Melakukan jarak sosial (social distancing).

Poin yang ke empat inilah yang paling ditekankan. Kita diminta untuk bersabar selama 14 hari di rumah. Kurangi kegiatan di luar rumah hingga Indonesia benar-benar dinyatakan sudah bebas dari covid-19.

===

Empat point ini saya rasa penting untuk saya sampaikan, demi menegaskan kepada siswa untuk tetap berada di rumah (StayHome) dan berpartisipasi menekan penyebaran covid-19. Setelah itu, barulah saya sampaikan materi tentang materi pelajaran "mencari informasi yang ada di dalam teks paragraf".

Paragraf, kita tahu adalah merupakan sekumpulan kalimat yang memiliki satu gagasan pokok. Namun informasi yang ada di dalamnya bisa lebih dari satu.

Cara mencari informasi di dalam paragraf adalah dengan cara:

(1) membaca teks paragraf secara seksama,

(2) garis bawahi beberapa informasi yang penting

(3) temukan dan tuliskan beberapa informasi penting tersebut.


Akhir kata, saya sampaikan selamat belajar di rumah. Semoga berhasil dengan baik!