Widget HTML Atas

Membuat Origami Baju (Tugas Proyek Belajar di Rumah 14 hari)

Jumat, 20 Maret 2020, adalah hari ke-5 kami melaksanakan pembelajaran di rumah berbasis e-learning di sekolah kami SD Labschool Unnes. "Belajar di rumah saja" itu sendiri merupakan langkah yang kami ambil guna merespons imbuan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 atau virus corona yang melanda Indonesia.

Baca: Penerapan E-Learning Pembelajaran di Rumah Selama 14 Hari

Pada pembelajaran pagi tadi, melalui sebuah video yang saya unggah di channel youtube rifan fajrin dotcom, saya mengajak siswa-siswi saya untuk membuat origami baju. Tugas ini sekaligus saya maksudkan sebagai tugas proyek untuk siswa-siswi kelas 3A SD Labschool Unnes.

Dalam video berdurasi lebih kurang 6 menit 50 detik tersebut, saya berikan tutorial membuat origami baju. Langkah-langkah membuat origami motif baju tersebut sebenarnya sudah ada di halaman belakang pada bagian TUGAS Proyek Buku Paket 3G, Buku Paket untuk Kelas 3 Tema 7 (Perkembangan Teknologi).

Namun demikian, dalam buku tersebut, langkah-langkah yang diberikan saya kira masih memerlukan detail bagaimana cara membuatnya. Maka saya pikir, anak-anak akan lebih mudah membuat origami baju tersebut dengan melihat video tutorial yang saya buat.

Sebelum saya menuju tutorial membuat origami baju, pada bagian awal video saya sempat menanyakan bagaimana kabar siswa-siswi selama 5 hari belajar di rumah.

Saya juga menawarkan bantuan bilamana anak-anak mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran, juga kesulitan ketika mengerjakan tugas. Saya persilakan siswa-siswi untuk menghubungi saya secara pribadi melalui pesan maupun panggilan menggunakan aplikasi whatsapp.

Baik, kembali ke tutorial membuat origami baju.

Untuk membuat origami baju, kita hanya membutuhkan selembar kertas berbentuk persegi panjang dengan rasio panjang lebar 2:1. Kita bisa menggunakan kertas HVS biasa (F4 atau A4). Atau, kita juga bisa menggunakan kertas origami yang berwarna, sehingga karya origami akan lebih indah dan berwarna.

Berikut ini adalah  video tutorial membuat origami baju. Anda bisa klik langsung pada tombol putar video di bawah ini. Selamat menyaksikan.

Tugas Proyek Membuat Origami Motif Baju

Demikian catatan pembelajaran kami pada hari ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

[Semoga wabah covid-19 ini segera berakhir, amiiiiin yaa Rabbal Alamiiinn].