Widget HTML Atas

E-Learning Belajar di Rumah Selama 14 Hari

Anak-anakku, siswa kelas 3 SD Labschool Unnes yang saya cintai, mulai dari kelas 3A, 3B, dan 3C. Mulai hari Senin, 16 Maret 2020, sampai setidaknya 14 hari ke depan, kita akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh, pembelajaran di rumah, tapi bukan libur sekolah.



Pembelajaran di rumah ini sudah sesuai dengan keputusan dan imbauan dari Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan Kota Semarang, sesuai pula dengan arahan Rektor Universitas Negeri Semarang, yang surat edaran pemberitahuannya sudah kita terima yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah kita Bapak Muhammad Mukhlas.

Terhadap imbauan tersebut, saya mengajak kepada kalian semua untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Sebagaimana kita tahu, status virus corona sudah ditetapkan statusnya menjadi virus pandemik global, artinya bisa terjadi di mana saja. Indonesia bukanlah pengecualian. Dan kita dengar hari ini, bahkan virus tersebut sudah masuk ke wilayah Jawa Tengah, tempat kita tinggal.

Maka dari itu, kita perlu mengambil perhatian yang cukup serius. Adalah kesalahan apabila kita menyepelekan hal ini.

Yang bisa kita lakukan, yang terbaik menurut saya adalah, kita ikuti arahan, jaga kesehatan, jaga kebersihan, dan tingkatkan pola hidup yang bersih dan sehat. Kita jaga diri, hindari kontak dengan sembarang orang, dan jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan yang benar-benar mendesak dan penting.

Kemudian sebagai siswa, tentu saja kewajiban kita adalah tetap belajar. Tidak berangkat atau pergi ke sekolah bukan berarti kita stop belajar. Kita tetap belajar di rumah. Belajar tidak harus di sekolah dan pada jam sekolah. Belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Untuk pembelajaran kita, kita tetap berpegang pada materi yang ada di buku kita. Kita selesaikan dua tema yang tersisa, yaitu tema 7 (Perkembangan teknologi) dan tema 8 (Praja muda karana/pramuka).

Tugas-tugas akan saya sampaikan grup whatsapp. Saya kira whatsapp adalah media yang paling tepat kita gunakan ini untuk komunikasi karena semua siswa sudah terhubung dengan grup whatsapp. Selain whatsapp, insyaallah juga kita bisa gunakan media-media yang lain seperti Youtube dan blog rifanfajrin.com.

Whatsapp untuk komunikasi, youtube untuk penyampaian materi dan penjelasan yang lebih detail, sedangkan blog bisa kita gunakan untuk menyampaikan rangkuman materi, misalnya.


Jadi, tugas-tugas akan saya sampaikan melalui whatsapp. Pengumpulan tugasnya, mungkin saya tidak akan menagih setiap hari. Mungkin saya akan memeriksa secara berkala, mungkin setiap 2 atau 3 hari sekali, atau bahkan baru akan saya tagih ketika kita semua kembali lagi ke sekolah.

Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, kalian bisa sampaikan melaui grup whatsapp maupun menghubungi saya secara pribadi.

Saya kira demikian yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini.

Terakhir, sekali lagi, saya mohon kepada kita semua untuk betul-betul mengambil sikap serius terhadap kondisi ini. Kita sesuai arahan. Jaga kesehatan, kebersihan, pola hidup sehat, dan saya tekankan, JANGAN PERGI-PERGI KELUAR RUMAH DULU JIKA TIDAK ADA KEPERLUAN YANG BENAR-BENAR PENTING!!! Jangan sampai kita melalukan hal-hal yang bisa merugikan diri kita sendiri, dan merugikan orang lain.

Mudah-mudahan ikhtiar atau usaha kita ini membuahkan hasil yang manis, yang terbaik, dan kita semua, keluarga kita, teman-teman kita, dijauhkan dari segala marabahaya dan malapetaka terutama yang berkaitan dengan virus corona tersebut.

Kita berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT, semoga wabah ini segera berlalu, dan Indonesia bebas dari virus pandemik covid-19 ini. Amiiiin. __/\__